sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Apartemen di Rusia runtuh terkena tembakan tewaskan 13 orang

Kota-kota di Rusia barat sering diserang drone sejak Mei 2023, dan para pejabat Rusia menyalahkan Kiev atas serangan tersebut.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Senin, 13 Mei 2024 16:56 WIB
Apartemen di Rusia runtuh terkena tembakan tewaskan 13 orang

Sebuah gedung apartemen runtuh sebagian di kota perbatasan Rusia Belgorod pada hari Minggu. Insiden ini menewaskan sedikitnya 13 orang dan melukai 20 orang lainnya.

Pejabat Rusia mengatakan Ukraina telah melakukan serangan yang membuat gedung tersebut hancur.

Rekaman online menunjukkan tim penyelamat mencari korban yang selamat di antara sisa-sisa tangga gedung, kemudian melarikan diri dari lokasi kejadian ketika sebagian atapnya jatuh ke tanah. Kementerian Situasi Darurat Rusia mengatakan sejauh ini 13 jenazah telah ditemukan dari reruntuhan.

Komite Investigasi Rusia, lembaga penegak hukum utama negara itu, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa gedung 10 lantai itu terkena serangan Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia kemudian menulis di media sosial bahwa bangunan tersebut telah dirusak oleh pecahan rudal Tochka-U TRC yang jatuh. Dikatakan juga bahwa pertahanan udara telah menembak jatuh beberapa roket lagi di wilayah Belgorod, serta dua drone yang hancur dalam insiden terpisah pada Minggu malam.

Peringatan serangan udara terus berlanjut di seluruh Belgorod saat tim penyelamat bekerja. Kota itu juga diserang pada Sabtu malam, menewaskan satu orang dan melukai 29 lainnya, kata Gubernur Belgorod Vyacheslav Gladkov.

Kota-kota di Rusia barat sering diserang drone sejak Mei 2023, dan para pejabat Rusia menyalahkan Kiev atas serangan tersebut. Pejabat Ukraina tidak pernah mengakui tanggung jawab atas serangan di wilayah Rusia atau Semenanjung Krimea.

Wilayah Belgorod, di perbatasan barat Rusia, telah menjadi sasaran sejumlah besar serangan. Meskipun sebagian besar penembakan lintas batas terjadi di daerah pedesaan, serangan juga terjadi di ibu kota wilayah tersebut.

Sponsored

Pada bulan Desember 2023, penembakan di jantung kota Belgorod menewaskan 25 orang, mendorong pihak berwenang untuk mulai mendirikan tempat penampungan umum.(outlookindia)

Berita Lainnya
×
tekid