sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

AS puji respons Indonesia tampung pengungsi Rohingya

AS menilai langkah Indonesia sebagai contoh yang dapat ditiru oleh negara-negara di kawasan dan seluruh komunitas internasional.

Valerie Dante
Valerie Dante Jumat, 10 Jul 2020 14:41 WIB
AS puji respons Indonesia tampung pengungsi Rohingya
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 262022
Dirawat 60064
Meninggal 10105
Sembuh 191853

Amerika Serikat memuji pemerintah Indonesia dan otoritas setempat atas respons mereka terkait kedatangan 99 pengungsi Rohingya di sekitar perairan Aceh Utara pada 24 Juni.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Morgan Ortagus dalam rilis yang diterima Alinea.id pada Jumat (10/7).

"Kami menghargai tindakan kemanusiaan Indonesia sehubungan populasi rentan ini dan karena telah berperan sebagai pemimpin di dalam ASEAN terkait isu yang mendesak ini," tulis Ortagus dalam pernyataannya.

AS menilai langkah Indonesia sebagai contoh yang dapat ditiru oleh negara-negara di kawasan dan seluruh komunitas internasional.

Ortagus menambahkan Negeri Paman Sam mendorong pembagian tanggung jawab dan kerja sama regional dalam operasi pencarian dan penyelamatan, serta pendaratan yang aman bagi kelompok rentan yang tiba di pantai negara-negara anggota ASEAN, terutama selama pandemik Covid-19.

"Pada saat yang bersamaan, kami sangat terusik akan laporan bahwa militer Myanmar telah melakukan tindakan ofensif di Kota Rathedaung, Rakhine State, yang kabarnya telah mengakibatkan ribuan orang terlantar, termasuk etnis Rohingya," ujar dia.

Washington menyatakan keprihatinan mendalam terkait eskalasi kekerasan antara militer Myanmar dan Tentara Arakan serta dampaknya terhadap masyarakat di Rakhine State.

"Kami menegaskan seruan kami sebelumnya tentang penghentian pertempuran, melakukan dialog damai, dan upaya baru untuk melindungi komunitas setempat," lanjut Ortagus.

Sponsored
Berita Lainnya
×
img