sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bendera Rusia dan Ukraina dilarang berkibar di Berlin

Polisi mengatakan bahwa selain larangan bendera Rusia dan Ukraina di dekat situs tersebut, pemutaran musik militer juga dilarang.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Sabtu, 07 Mei 2022 10:11 WIB
Bendera Rusia dan Ukraina dilarang berkibar di Berlin

Pihak berwenang di Berlin telah melarang bendera Rusia dan Ukraina dikibarkan di dekat tugu peringatan kota itu akhir pekan ini. Itu adalah saat orang-orang memperingati 77 tahun berakhirnya Perang Dunia Kedua.

"Tindakan mengingat serta menghormati peringatan dan monumen harus dilestarikan dengan situasi perang agresi Rusia saat ini di Ukraina," kata polisi Berlin dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat. “Perang tidak boleh dibiarkan meluas menjadi konflik atau perselisihan di Berlin di luar wacana demokrasi.”

Setelah kekalahan Nazi, monumen didirikan di seluruh Berlin untuk memperingati hilangnya korban Soviet selama perang. Misalnya, Monumen Perang Soviet setinggi 12 meter di wilayah timur Treptow menunjukkan seorang tentara Soviet mematahkan swastika dengan pedangnya. Monumen semacam itu diharapkan menjadi titik pertemuan populer akhir pekan ini bagi mereka yang mengutuk perang saat ini dan mereka yang mempertahankannya.

Polisi mengatakan bahwa selain larangan bendera Rusia dan Ukraina di dekat situs tersebut, pemutaran musik militer juga dilarang.

Sponsored

“Kami akan melindungi peringatan yang bermartabat di 15 tugu peringatan dan monumen melalui peraturan komprehensif yang dirancang untuk mencegah konfrontasi di tempat-tempat ini,” kata kepala polisi Barbara Slowik. 

“Pada saat yang sama, kami mengambil tindakan terhadap segala bentuk dukungan, persetujuan, atau bahkan pemuliaan perang agresi Rusia di Ukraina, terutama dalam pertemuan.”

Pada awal April, beberapa jam setelah foto-foto tuduhan pembantaian di Bucha oleh tentara Rusia, di luar Kiev diterbitkan, iring-iringan mobil pro-Putin berkekuatan 400 mobil melaju melalui Berlin, menuai kritik keras dari seluruh Jerman dan sekitarnya.

Berita Lainnya