sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sah, Biden menangkan Pennsylvania dan Nevada

Tidak mungkin bagi Trump untuk menghentikan Biden mencapai 270 suara elektoral yang dibutuhkan, agar memenangkan kursi kepresidenan.

Angelin Putri Syah
Angelin Putri Syah Rabu, 25 Nov 2020 12:15 WIB
Sah, Biden menangkan Pennsylvania dan Nevada
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Pennsylvania dan Nevada mensertifikasi kemenangan presiden terpilih Joe Biden di negara bagian mereka, sekaligus memberikan pukulan terbaru pada upaya Presiden Donald Trump untuk membatalkan hasil pemilihan.

Sekretaris Persemakmuran Kathy Boockvar mensertifikasi kemenangan 80.555 suara Biden di Pennsylvania. Pernyataan tersebut diumumkan dalam tweet oleh Gubernur Demokrat Tom Wolf. Itu artinya, Biden memenangkan 20 suara electoral college dari Pennsylvania.

Wolf mengatakan telah menandatangani sertifikat kepastian bagi para pemilih, yang akan memberikan suara mereka untuk Biden ketika mereka bertemu pada 14 Desember, kecuali pengadilan campur tangan.

“Sertifikasi hari ini adalah bukti upaya luar biasa dari pejabat pemilihan lokal dan negara bagian kami, yang bekerja tanpa lelah untuk memastikan Pennsylvania memiliki proses yang bebas, adil, dan akurat yang mencerminkan keinginan para pemilih,” kata Wolf dalam sebuah pernyataan.

Sementara Mahkamah Agung Nevada juga mengesahkan hasil di negara bagiannya pada Selasa (24/11) dan Gubernur Demokrat Steve Sisolak akan mengeluarkan pernyataan yang menyatakan pemenang dari enam suara electoral college.

Di antara negara bagian lainnya, Georgia mengesahkan hasil pemilihannya minggu lalu dan Michigan pada Senin (23/11). Arizona dijadwalkan untuk melakukan sertifikasi pada 30 November dan Wisconsin pada 1 Desember, setelah penghitungan ulang di dua negara yang diminta oleh Trump.

Meskipun begitu, masih tidak mungkin bagi Trump untuk menghentikan Biden mencapai 270 suara elektoral yang dibutuhkan, agar memenangkan kursi kepresidenan.

Trump dan sekutunya terus menantang hasil pemungutan suara Pennsylvania, meskipun mengalami kekalahan di pengadilan dan apa yang dikatakan para ahli hukum adalah kurangnya bukti yang diperlukan untuk membatalkan suara.

Sponsored

"Jelas bagi semua orang selain Trump dan pengacaranya bahwa pemilihan telah berakhir dan Biden telah menang "dengan gemilang," kata Bob Bauer, penasihat hukum untuk kampanye Biden.

"Trump tidak berhasil di Pennsylvania dan dia tidak akan berhasil di tempat lain," kata Bauer dalam sebuah pernyataan. "Tuntutan hukum Trump akan terus gagal, seperti yang terjadi di lebih dari 30 kasus sejak hari pemilihan, negara bagian akan terus mengesahkan hasil mereka, dan Joe Biden akan dilantik sebagai Presiden pada 20 Januari 2021," papar dia lagi.

Sumber : Bloomberg

Berita Lainnya