sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Brasil: Tumpahan minyak kemungkinan berasal dari Venezuela

Tumpahan minyak telah menyebar ke lebih dari 132 pantai di sembilan negara bagian di Brasil.

Valerie Dante
Valerie Dante Kamis, 10 Okt 2019 19:01 WIB
Brasil: Tumpahan minyak kemungkinan berasal dari Venezuela

Pemerintah Brasil mengklaim bahwa tumpahan minyak mentah yang telah menodai pantai mereka kemungkinan besar berasal dari Venezuela. Pihak berwenang telah menyelidiki insiden itu selama lebih dari sebulan terakhir.

Tumpahan minyak telah menyebar ke lebih dari 132 pantai di sembilan negara bagian.

"Tumpahan minyak yang mencemari lebih dari 132 pantai di bagian timur laut adalah tindakan kriminal. Membersihkan residunya dari lautan dapat memakan waktu 10-20 tahun," kata mantan Menteri Lingkungan Hidup Brasil Marina Silva. "Ini adalah peringatan bahwa kita perlu memperkuat institusi pemantau lingkungan di negara ini."

Dalam sidang kongres Pada Rabu (9/10), Menteri Lingkungan Hidup Brasil Ricardo Salles menuturkan, penelitian oleh perusahaan minyak negara, Petrobras, telah menyimpulkan bahwa kemungkinan besar minyak itu berasal dari Venezuela.

Dia mengatakan bahwa kapal asing di dekat pantai Brasil sepertinya secara sengaja atau tidak sengaja telah menyebabkan tumpahan minyak.

Salles menyebut, sejak 2 September, lebih dari 100 ton minyak telah dibersihkan dari pantai-pantai. Namun, dia menyatakan bahwa insiden itu sangat sulit untuk dikendalikan.

Belum ada tanggapan dari Venezuela. Banyak yang menilai bahwa klaim Brasilia dapat meningkatkan ketegangan antara kedua negara. Pasalnya, Presiden Brasil Jair Bolsonaro kerap mengkritik kepemimpinan Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

Bolsonaro memiliki hubungan dekat dengan kelompok sayap kanan Venezuela yang berupaya menggulingkan Maduro.

Sponsored

Awal pekan ini, Bolsonaro menepis spekulasi bahwa tumpahan minyak itu disebabkan oleh kapal yang tenggelam.

"Jika tumpahan itu berasal dari kapal karam, hingga kini minyak masih akan muncul," kata dia.

Bolsonaro menyatakan dirinya tidak ingin menyalahkan negara lain tanpa memiliki bukti. Tetapi dia mengisyaratkan bahwa Brasil sedang memantau satu negara yang "kemungkinan merupakan sumber tumpahan minyak".

Kepala Eksekutif Petrobras Roberto Castello pada Selasa (8/10) mengatakan bahwa jumlah minyak yang tumpah, sekitar 500 barel, tidak mungkin berasal dari hasil pembersihan tangki minyak.

Foto-foto tumpahan minyak tersebut telah beredar di dunia maya, memperlihatkan pasir putih yang dinodai minyak hingga lumba-lumba dan kura-kura yang diselimuti minyak.

Insiden tumpahan minyak itu muncul tidak lama setelah Brasil menjadi target kritik internasional atas kebakaran dan penebangan di Hutan Amazon.

Para aktivis dan pemimpin suku-suku pribumi di Hutan Amazon menyatakan bahwa Bolsonaro memicu serangan terhadap ekosistem dengan mencabut UU yang melindungi lingkungan.

Sumber : The Guardian