logo alinea.id logo alinea.id

Di KTT G20, dari Trump hingga Erdogan ucapkan selamat kepada Jokowi

Kepala Protokol Negara Andri Hadi mengatakan, hampir semua pemimpin negara atau kepala pemerintahan menyampaikan ucapan selamat.

Valerie Dante
Valerie Dante Sabtu, 29 Jun 2019 17:00 WIB
Di KTT G20, dari Trump hingga Erdogan ucapkan selamat kepada Jokowi

Terpilihnya kembali Joko Widodo sebagai Presiden Indonesia disambut baik para pemimpin negara anggota G20. Ucapan selamat dari para pemimpin dunia pun mengalir kepada Jokowi saat pelaksanaan KTT G20 di Osaka, Jepang, pada Jumat (28/6).

Kepala Protokol Negara Andri Hadi yang mendampingi Jokowi dalam pertemuan itu mengatakan, hampir semua pemimpin negara atau kepala pemerintahan menyampaikan ucapan selamat.

Menurut Andri, ucapan tersebut disampaikan dalam berbagai kesempatan di sela perhelatan KTT G20, seperti pada saat menunggu "official welcome" dan foto bersama, maupun ketika para pemimpin negara memulai "Leader's Side Event".

Para pemimpin negara anggota G20 yang menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi, di antaranya Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden China Xi Jinping, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, dan PM India Narendra Modi, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, PM Australia Scott Morrison, PM Belanda Mark Rutte, Presiden Prancis Emmanuel Macron, PM Italia Giuseppe Conte, PM Inggris Theresa May, dan Presiden Spanyol Pedrosan Chez.

Tidak hanya dari para kepala negara, sejumlah pemimpin badan internasional, seperti Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, turut memberikan ucapan selamat kepada Jokowi.

Di samping memberikan ucapan selamat, para pemimpin negara G20 pun menyampaikan keinginan untuk mempererat hubungan dan meningkatkan kerja sama dengan Indonesia di bawah pimpinan Jokowi.

PM Abe menyampaikan harapan untuk dapat bekerja sama dengan Jokowi guna memperkokoh hubungan antara kedua negara. Ia menyatakan senang dapat melanjutkan kerja sama dengan Jokowi, untuk bersama membangun kesejahteraan di kedua negara.

Abe menegaskan, Indonesia merupakan mitra penting bagi Jepang karena kedua negara sama-sama memegang nilai-nilai universal seperti kebebasan, demokrasi, HAM, dan supremasi hukum. (Ant).

Sponsored