sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kanada akan setop menyediakan keamanan bagi Harry dan Meghan

Pangeran Harry dan Meghan Markle akan secara resmi mengakhiri tugas-tugas kerajaan pada 31 Maret. 

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Jumat, 28 Feb 2020 09:57 WIB
Kanada akan setop menyediakan keamanan bagi Harry dan Meghan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 76981
Dirawat 36636
Meninggal 3656
Sembuh 36689

Kanada tidak akan lagi menyediakan fasilitas keamanan bagi Duke dan Duchess of Sussex begitu mereka resmi mundur sebagai anggota keluarga kerajaan senior bulan depan. Demikian dikonfirmasi pemerintah federal Kanada.

Royal Canadian Mounted Police (RCMP) telah memberi perlindungan secara intermiten sejak Pangeran Harry dan Meghan Markle pindah ke rumah sewaan di Vancouver Island pada November.

"Kepindahan Duke dan Duchess of Sussex ke Kanada secara paruh waktu telah memberi pemerintah serangkaian keadaan yang unik dan belum pernah terjadi sebelumnya. RCMP sejak awal telah terlibat dengan para pejabat di Inggris mengenai pertimbangan keamanan," sebut pernyataan pemerintah federal kepada CBC News.

"Karena duke dan duchess saat ini diakui sebagai orang yang dilindungi secara internasional, Kanada memiliki kewajiban untuk memberi bantuan keamanan berdasar kebutuhan. Atas permintaan kepolisian Metropolitan, RCMP telah memberi bantuan sejak kedatangan duke dan duchess ke Kanada secara intermiten sejak November 2019. Bantuan akan berhenti dalam beberapa minggu mendatang, sesuai dengan perubahan status mereka."

Menyusul keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk mundur dari tugas kerajaan dan menjadi independen secara finansial, muncul berbagai spekulasi tentang siapa yang akan menanggung biaya keamanan yang sangat besar untuk menjaga pasangan itu serta putra mereka, Archie. Namun tidak ada rincian yang dibagikan dengan alasan ini adalah informasi rahasia atas alasan keamanan.

Pangeran Harry dan Meghan Markle akan secara resmi mengakhiri tugas-tugas kerajaan pada 31 Maret. 

CBC News melaporkan bahwa dengan tidak lagi menyediakan fasilitas keamanan bagi Pangeran Harry dan Meghan Markle, pemerintah Justin Trudeau telah menghindari beban keuangan yang sangat tidak populer. Jajak pendapat menemukan bahwa hanya sekitar satu dari lima warga Kanada percaya itu adalah penggunaan uang pajak yang tepat.

Di bawah pengaturan yang disepakati dengan Ratu Elizabeth, Pangeran Harry dan Meghan Markle tidak akan lagi melakukan tugas resmi atas nama ratu. Mereka akan mempertahankan tetapi tidak menggunakan gelar His Royal Highness/Her Royal Highness (HRH), dan telah dipaksa untuk membatalkan rencana menggunakan merek "Sussex Royal".

Sponsored

Pengaturan tersebut akan ditinjau dalam 12 bulan.

Meski menyatakan mundur, sebagai cucu Ratu Elizabeth dan putra kedua Pangeran Charles, Harry tetap berada di urutan keenam takhta Inggris. (The Guardian)

Berita Lainnya