sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kim Jong Un puji kinerja Duta Besar China, Li Jinjun

Kim sangat puas bahwa hubungan Korea Utara-China telah memasuki "masa kejayaan baru" di bawah kepemimpinan partai-partai yang berkuasa.

Elmo Julianto
Elmo Julianto Kamis, 23 Des 2021 10:07 WIB
Kim Jong Un puji kinerja Duta Besar China, Li Jinjun

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memuji Duta Besar China, Li Jinjun karena membantu meningkatkan hubungan antara Pyongyang dan Beijing, media pemerintah melaporkan pada hari Kamis (23/12).

Komentar Kim disampaikan kepada Li oleh Choe Ryong Hae, seorang pejabat tinggi di Partai Buruh Korea yang berkuasa. Li juga bertemu dengan Perdana Menteri Korea Utara Kim Tok Hun, lapor KCNA.

"Kim Jong Un sangat memuji duta besar karena berhasil membantu beberapa pertemuan puncak DPRK-China selama tujuh tahun terakhir, melakukan banyak upaya untuk mengembangkan hubungan persahabatan antara kedua pihak dan kedua negara dan berbagi pahit dan manis dengan rakyat Korea," Choe memberi tahu Li, menggunakan inisial nama resmi Korea Utara.

Kim sangat puas bahwa hubungan Korea Utara-China telah memasuki "masa kejayaan baru" di bawah kepemimpinan partai-partai yang berkuasa di masing-masing negara, kata Choe.

Li meminta Choe untuk mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kim dan memberi selamat kepada rakyat Korea Utara atas kemajuan di semua bidang konstruksi sosialis, kata KCNA.

China menjadi satu-satunya negara utama yang bekerja sama dengan Korea Utara sejak keduanya menandatangani perjanjian pada tahun 1961, dan sanksi internasional yang dijatuhkan atas program senjata nuklir dan rudal balistik Pyongyang telah membuatnya lebih bergantung dari sebelumnya pada Beijing untuk perdagangan dan dukungan lainnya.

Sejak Li diangkat pada tahun 2015, hubungan antara kedua negara telah mengalami pasang surut besar.

Kim mengirim hubungan China-Korea Utara ke titik terendah dalam sejarah dengan memprioritaskan pengembangan senjata nuklir dan rudal, kemudian mengkritik keras Beijing ketika mendukung sanksi internasional.

Sponsored

Namun, mulai tahun 2018, Kim berhasil dengan cepat memperbaiki hubungan dan melakukan perjalanan internasional pertamanya untuk bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping di Beijing. Xi kemudian mengunjungi Pyongyang, yang pertama oleh seorang pemimpin China dalam 14 tahun.

Li adalah salah satu dari jumlah diplomat asing yang berkurang di Pyongyang, karena banyak kedutaan ditutup selama penguncian ketat anti-pandemi Korea Utara yang menghalangi rotasi staf atau duta besar baru.

Berita Lainnya

, : WIB

, : WIB

, : WIB

Review Huawei Band 7, lebih tipis lebih ringan

Minggu, 14 Agst 2022 15:26 WIB
×
tekid