sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Korsel sumbang jutaan dolar ke ASEAN untuk tangani Covid-19

Korea Selatan akan mengirimkan peralatan PCR dan APD.

Valerie Dante
Valerie Dante Selasa, 16 Jun 2020 18:08 WIB
Korsel sumbang jutaan dolar ke ASEAN untuk tangani Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 63749
Dirawat 30834
Meninggal 3171
Sembuh 29105

Duta Besar Korea Selatan (Korsel) untuk ASEAN Lim Sungnam pada Selasa (16/6) menyatakan, Misi Korea Selatan untuk ASEAN menyumbangkan bantuan berupa pasokan medis senilai US$5 juta bagi ASEAN.

Dubes Lim menyampaikan, pada KTT ASEAN Plus Three terkait penanganan Covid-19 pada 14 April, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berjanji akan mendukung pembangunan kapasitas ASEAN untuk menangani pandemik.

"Untuk mewujudkan komitmen Presiden Moon Jae-in, Misi Korea Selatan untuk ASEAN mewujudkan proyek ini dengan memanfaatkan kerja sama ASEAN-Korea Selatan," tutur Dubes Lim dalam acara bertajuk "Enhancing the Detection Capacity for Covid-19 in ASEAN Countries," di Sekretariat ASEAN, Jakarta.

Di bawah proyek kerja sama ini, Korea Selatan akan mengirimkan kit uji Covid-19, peralatan PCR, dan alat pelindung diri (APD) bagi setiap negara anggota ASEAN.

Dubes Lim mengaku belum dapat memastikan kapan pasokan medis akan diterima masing-masing negara ASEAN.

"Agar terlaksana dengan cepat, prosedurnya harus disederhanakan. Menurut saya, cara paling sederhana adalah dengan membagi pasokan tersebut secara merata bagi 10 negara anggota ASEAN," sambung dia.

Lebih lanjut Dubes Lim menjelaskan, pemerintah Korsel sejauh ini telah memerangi pandemik dengan strategi melacak, melakukan tes, dan merawat pasien Covid-19.

"Kita melakukan seluruh upaya penanganan pandemik berdasarkan tiga prinsip yaitu keterbukaan, transparansi, dan demokrasi," ujar dia.

Sponsored

Walaupun perjuangan Korsel melawan Covid-19 masih berlangsung, Lim mengatakan mereka terus berupaya membagi pengetahuan dan pengalaman dengan ASEAN.

"Kami percaya bahwa solidaritas dan kerja sama antara negara akan menjadi satu-satunya jalan menuju kemenangan melawan Covid-19," kata dia. 

"Dengan semangat ini, pemerintah Korea Selatan akan terus bekerja sama dengan ASEAN hingga kita semua bebas dari pandemik," pungkasnya.

Berita Lainnya