close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
ilustrasi
icon caption
ilustrasi
Dunia
Rabu, 10 Januari 2018 11:41

Langka, Gurun Sahara diterjang salju

Tumpukan salju terlihat di beberapa wilayah Ain Sefra dengan ketinggian hingga 15 inchi.
swipe

Kejadian langka terjadi di Gurun Sahara. Gurun terbesar di dunia itu diterjang salju yang cukup tebal. 

Tepat pada Minggu (7/1) lalu, Ain Sefra, kota gurun di Aljazair yang dikenal dengan "gerbang menuju Sahara" ditutupi salju. Ini merupakan ketiga kalinya dalam 40 tahun terakhir. Di beberapa wilayah di Ain Sefra dilaporkan ketinggian salju mencapai 15 inchi, tetapi para pejabat di Ain Sefra mengungkapan ketebalannya hanya kurang dari satu inchi.

Sungguh tidak lazim ketika temperatur di gurun terpanas itu turun beberapa derajat pada malam hari. Hingga kemudian, salju turun. Insiden langka itu pun dimanfaatkan banyak fotografer untuk mengabadikannya. 

"Kami sangat terkejut ketika bangun dan melihat salju," kata Karim Bouchetata, seorang fotografer, seperti dilansir dari CNN pada Rabu (10/1). 

Salju tersebut turun pada Minggu dan mulai mencair sekitar pukul 17.00. Pada Desember 2016, salju juga terlihat di wilayah itu. Tapi, tumpukan saljunya tidak banyak. Sebelumnya pada 1979 lalu, salju juga terlihat di Ain Setra dan bertahan selama 30 menit. 

Ain Sefra, kota gurun itu didirikan oleh pasukan Prancis pada 1881. Rata-rata temperatur di kota itu mencapai 37 derajat Celsius pada musim panas. Tetapi, titik temperatur terendah mencapai minus 10,2 derajat Celsius pada musim dingin.

img
Dika Hendra
Reporter
img
Satriani Ari Wulan
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan