sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Mantan Presiden Interpol akui terima suap

Meng Hongwei mengakui dirinya menerima suap lebih dari US$2 juta.

Valerie Dante
Valerie Dante Kamis, 20 Jun 2019 18:02 WIB
Mantan Presiden Interpol akui terima suap
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 2273
Dirawat 1911
Meninggal 198
Sembuh 164

Mantan presiden Interpol Meng Hongwei mengaku menerima suap lebih dari US$2 juta dan menyatakan penyesalan atas kejahatannya. Demikian disampaikan pengadilan China pada Kamis (20/6).

Pengadilan Menengah No. 1 di kota pelabuhan Tianjin mengatakan, Meng membacakan pernyataan yang berisi pengakuannya di sidang.

Pengadilan Tianjin mengklaim Meng telah menyalahkan menyalahgunakan jabatan untuk menerima suap saat dia menjadi wakil menteri keamanan publik dan kepala polisi maritim.

Terpilih sebagai presiden organisasi kepolisian internasional pada 2016, Meng dilaporkan menghilang setelah melakukan perjalanan ke China dari Prancis pada akhir September 2018. Interpol tidak diberitahu tentang penahanan Meng dan dipaksa bertanya kepada Tiongkok tentang keberadaannya.

Dalam sebuah pernyataan pada awal Oktober, pihak berwenang China mengakui mereka menahan Meng. Kementerian Keamanan Publik China mengatakan bahwa dia sedang diselidiki karena menerima suap.

Sidang pembacaan vonis tidak diumumkan kapan akan dilangsungkan.

Istri Meng, Grace, yang saat ini tetap berada di Prancis menuduh pemerintah China menciptakan "kasus palsu" untuk menjerat suaminya karena alasan politik.

Saat disorot kamera televisi, Meng yang mengenakan jaket polos berwarna coklat diapit oleh dua petugas pengadilan. Pria itu disebut tampak lebih tua dan murung dibanding penampilannya sebelumnya. 

Sponsored

Meng sendiri sudah dikeluarkan dari Partai Komunis. Saat bertugas di Interpol, Meng rangkap jabatan sebagai wakil menteri keamanan publik.

Opsi lockdown yang diabaikan Jokowi...

Opsi lockdown yang diabaikan Jokowi...

Senin, 06 Apr 2020 06:02 WIB
Menagih janji keringanan cicilan utang

Menagih janji keringanan cicilan utang

Senin, 06 Apr 2020 05:43 WIB
Berita Lainnya