sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

NASA rakit roket yang dilengkapi dengan pesawat ruang angkasa untuk ke bulan awal 2022

Misi pendaratan saat ini dijadwalkan untuk 2024, meskipun banyak pengamat memperkirakan misi tersebut akan tidak sesuai dengan rencana.

Elmo Julianto
Elmo Julianto Rabu, 20 Okt 2021 20:20 WIB
NASA rakit roket yang dilengkapi dengan pesawat ruang angkasa untuk ke bulan awal 2022

Pesawat ruang angkasa generasi berikutnya dari NASA siap untuk dipasang pada roket yang akan mengirimnya ke Bulan tahun ini atau pada awal 2022. Pada hari Senin (18/10), pesawat ruang angkasa Orion dipindahkan ke Kennedy Space Center Florida sebelum dipasang pada roket Space Launch System (SLS) yang kuat.

Untuk penerbangan mendatang, Orion akan terbang mengelilingi Bulan tanpa astronot. Itu bagian dari rencana AS untuk mengirim kembali astronot-astronotnya ke bulan pada dekade ini.

Program ini disebut Artemis, diambil dari nama saudara perempuan Apollo dan dapat membantu membangun keberadaan manusia jangka panjang di satu-satunya satelit alami Bumi.

Orion yang akan digunakan pada misi Artemis-1 itu dipindahkan ke Vehicle Assembly Building (VAB), Kennedy. Hal tersebut dilakukan karena para insinyur telah memasang sistem pembatalan peluncuran pesawat ruang angkasa, yang dirancang untuk mendorong Orion dan astronotnya menjauh dari roket jika terjadi keadaan darurat selama peluncuran awak.

Orion adalah elemen kunci terakhir yang diangkat ke peluncur SLS setinggi 98m (322ft), yang telah dirakit oleh para insinyur di VAB sejak Desember 2020.

Misi Artemis-1 selama tiga minggu akan menguji SLS dan Orion sebelum astronot diizinkan naik ke Artemis-2, yang akan mengelilingi Bulan pada akhir 2023.

Pada Artemis-3, NASA akan mengirimkan para astronotnya ke bulan untuk pertama kalinya sejak misi Apollo 17 pada tahun 1972. NASA telah memilih Starship Elon Musk sebagai kendaraan yang akan membawa manusia turun dari orbit bulan ke permukaan.

Misi pendaratan saat ini dijadwalkan untuk 2024, meskipun banyak pengamat memperkirakan misi tersebut akan tidak sesuai dengan rencana.

Sponsored

Bingkai logam untuk pesawat ruang angkasa Orion yang akan digunakan untuk misi itu juga tiba di Kennedy Space Center awal bulan ini.(BBC)

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid