sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dalam pemulihan pascaoperasi?

Kim Jong-un terakhir kali muncul di media pemerintah Korea Utara pada 11 April.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Selasa, 21 Apr 2020 13:22 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dalam pemulihan pascaoperasi?
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 80094
Dirawat 37247
Meninggal 3797
Sembuh 39050

Daily NK, sebuah surat kabar daring yang berbasis di Korea Selatan yang fokus pada Korea Utara, dengan mengutip sumber tanpa nama pada Senin (20/4) melaporkan bahwa Kim Jong-un menjalani prosedur kardiovaskular pada 12 April.

"Kim Jong-un menerima prosedur kardiovaskular karena merokok berlebihan, obesitas, dan terlalu banyak bekerja," sebut Daily NK.

Sebuah sumber yang dikutip Daily NK mengatakan, "Pemahaman saya adalah dia telah berjuang (dengan isu kardiovaskular) sejak Agustus, tetapi (kondisinya) memburuk setelah kunjungan berulang ke Gunung Paektu."

Pascaprosedur kardiovaskular, Kim Jong-un disebut menjalani perawatan di sebuah vila di Hyangsan.

Setelah menilai bahwa kondisi Kim Jong-un membaik, sebagian besar tim medis yang merawatnya kembali ke Pyongyang pada 19 April dan hanya sebagian dari mereka yang tetap di Hyangsan untuk mengawasi situasi pemulihannya.

Spekulasi mengenai kesehatan Kim Jong-un muncul menyusul ketidakhadirannya dalam peringatan HUT sang kakek, Kim Il-sung, pada 15 April. Kim Jong-un terakhir kali muncul di media pemerintah Korea Utara pada 11 April.

Istana Kepresidenan Korea Selatan, Gedung Biru, dalam pernyataan tertulis mengungkapkan mereka tidak memiliki informasi tentang kesehatan Kim Jong-un dan tidak ada tanda-tanda yang tidak biasa terdeteksi di Korea Utara.

Seorang pejabat Amerika Serikat mengonfirmasi bahwa Washington memantau laporan kesehatan Kim Jong-un. Dan pejabat lainnya mengatakan kepada CNN bahwa kekhawatiran tentang kesehatan Kim Jong-un dapat dipercaya, meski keparahannya sulit dinilai.

Sponsored

Korea Utara mengontrol dengan ketat setiap informasi menyangkut dengan pemimpinnya, yang diperlakukan nyaris seperti dewa di dalam negeri. Analis selama ini sangat bergantung pada laporan media pemerintah setempat.

Pada 2014, Kim Jong-un juga pernah absen sebulan dari muka publik. Peristiwa itu pun memicu spekulasi tentang kesehatannya.

Ketika muncul kembali, Kim Jong-un menggunakan tongkat. Intelijen Korea Selatan kemudian melaporkan bahwa Kim Jong-un baru menjalani pengangkatan kista di pergelangan kakinya. (Reuters dan CNN)

Berita Lainnya