logo alinea.id logo alinea.id

Penembakan terjadi di Masjid Al Noor di Selandia Baru

Penembakan terjadi di Masjid Al Noor yang berada di pusat Kota Christchurch, Selandia Baru.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Jumat, 15 Mar 2019 09:47 WIB
Penembakan terjadi di Masjid Al Noor di Selandia Baru

Penembakan terjadi di Masjid Al Noor di pusat Kota Christchurch, Selandia Baru. Peristiwa ini untuk pertama kali dilaporkan oleh kepolisian Canterbury lewat Twitter. Mereka mengatakan terdapat insiden kritis di Deans Ave, Christchurch, dan meminta warga untuk menghindari area tersebut.

Sejauh ini, jumlah korban luka dan tewas belum diketahui. Namun, seorang saksi mata mengatakan terdapat sejumlah korban tewas.

Sejumlah laporan menyebutkan terdapat ratusan orang di Masjid Al Noor saat penembakan terjadi.

Saksi, Len Peneha, mengatakan dia melihat seorang pria berpakaian hitam memasuki Masjid Al Noor dan kemudian mendengar puluhan tembakan, diikuti oleh orang-orang yang lari dari masjid dengan ketakutan.

Dia mengatakan dia juga melihat pria bersenjata itu melarikan diri sebelum layanan darurat tiba.

Peneha mengatakan dia pergi ke masjid untuk mencoba dan membantu, "Saya melihat korban tewas di mana-mana."

Lewat Twitter, Kepolisian Selandia Baru menerangkan bahwa situasi serius dan berkembang tengah terjadi di Chrischurch dengan seorang penembak aktif. 

Sponsored

"Polisi merespons dengan kemampuan penuh untuk mengelola situasi, tetapi risiko lingkungan tetap sangat tinggi. Polisi merekomendasikan agar masyarakat Christchurch menjauhi jalan-jalan dan ruangan terbuka sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. Sekolah-sekolah di Christchurch akan ditutup hingga ada informasi lebih lanjut," twit Kepolisian Selandia Baru.

Rumah sakit Christchurch telah mengaktifkan penanganan daruratnya.

Sementara itu, polisi mengonfirmasi bahwa ada sebuah bom di sebuah mobil Subaru yang mengalami kecelakaan di Strickland Street, sekitar tiga kilometer dari Masjid Al Noor, dan orang-orang telah dievakuasi dari daerah tersebut. (The Guardian dan BBC)