sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Perdana, Yunani dipimpin presiden wanita

Katerina Sakellaropoulou akan menggantikan Presiden Prokopis Pavlopoulos, yang masa jabatannya berakhir pada Maret.

Valerie Dante
Valerie Dante Rabu, 22 Jan 2020 20:29 WIB
Perdana, Yunani dipimpin presiden wanita
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 516.753
Dirawat 66.752
Meninggal 16.352
Sembuh 433.649

Kepala pengadilan administratif tinggi Yunani Katerina Sakellaropoulou terpilih sebagai presiden melalui pemungutan suara parlemen pada Rabu (22/1).

Sakellaropoulou mendapat dukungan mayoritas anggota parlemen lintas partai sebagai pengganti Presiden Prokopis Pavlopoulos, yang masa jabatannya akan berakhir pada Maret.

Sakellaropoulou yang berusia 63 tahun akan menjadi presiden wanita pertama dalam sejarah Yunani.

Meskipun wewenang presiden dibatasi oleh konstitusi, pemegang jabatan kepala negara merupakan panglima angkatan bersenjata dan sering menjadi penasihat mengenai urusan penting.

Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis merupakan salah satu pihak yang mendukung Sakellaropoulou menjabat sebagai presiden selama lima tahun ke depan.

"Sudah waktunya bagi Yunani untuk membuka diri bagi masa depan," ujar PM Mitsotakis pekan lalu.

Sakellaropoulou juga mendapat dukungan dari Partai Demokrasi Baru, yang dipimpin PM Mitsotakis, dan partai oposisi Syriza yang dipimpin mantan PM Alexis Tsipras.

Sebelumnya, Tsipras sempat memuji Sakellaropoulou, menyebutnya sebagai hakim yang luar biasa dan pembela hak asasi manusia.

Sponsored

Wanita yang lahir di Tesalonika itu merupakan putri seorang hakim agung. Dia belajar hukum di Athena dan menyelesaikan studi pascasarjana di Sorbonne University, Prancis.

Terlepas dari kariernya selama puluhan tahun di tingkat tertinggi peradilan Yunani, Sakellaropoulou tidak memiliki aliansi partai dan dianggap sebagai "orang luar" dalam dunia politik.

Ahli politik Yunani Stella Ladi mencatat bahwa selama menempuh karier di bidang peradilan, Sakellaropoulou bukan tokoh yang kerap mencari konfrontasi.

"Sikap ini sangat penting saat menjabat sebagai presiden," kata Ladi. (Deutsche Welle)

Berita Lainnya