sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Petugas pemilu di India bertumbangan meninggal karena gelombang panas

Mereka yang meninggal karena dugaan serangan panas, berada di negara bagian Bihar, Uttar Pradesh, dan Odisha di India. 

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Sabtu, 01 Jun 2024 13:56 WIB
Petugas pemilu di India bertumbangan meninggal karena gelombang panas

Gelombang panas yang melanda India belakangan ini cukup ekstrem. Suhu panas dilaporkan telah menyebabkan setidaknya 33 orang meninggal dunia. Di antaranya adalah petugas pemilu yang sedang bertugas.

Mereka yang meninggal karena dugaan serangan panas, berada di negara bagian Bihar, Uttar Pradesh, dan Odisha di India. Gelombang panas di wilayah tersebut diperkirakan akan berlanjut hingga Sabtu ini, kata pihak berwenang.

India sedang mengalami musim panas yang terik dan sebagian ibu kota Delhi mencatat suhu tertinggi di negara itu sebesar 52,9 derajat Celcius (127,22°F) minggu ini, meskipun suhu tersebut mungkin akan direvisi setelah departemen cuaca memeriksa sensor stasiun cuaca yang mencatat. 

Meskipun suhu di barat laut dan tengah India diperkirakan akan turun dalam beberapa hari mendatang, gelombang panas yang terjadi di India timur kemungkinan akan berlanjut selama dua hari, kata Departemen Meteorologi India (IMD), yang menyatakan gelombang panas ketika suhu mencapai 4,5 C hingga 6,4 C lebih tinggi dari 

Menurut pejabat India pada hari Kamis, empat belas orang tewas di Bihar termasuk 10 orang yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu nasional tujuh tahap yang saat ini sedang berlangsung. Banyak petugas pemilu biasanya diharuskan bertugas sepanjang hari, bahkan sering kali di luar ruangan.

Sebagian wilayah Bihar memberikan suara pada putaran terakhir pemungutan suara pada hari Sabtu.

Di negara bagian Uttar Pradesh yang paling padat penduduknya di India, setidaknya sembilan petugas pemilu, termasuk petugas keamanan, tewas pada hari Jumat, kata pejabat pemerintah.

"Mereka demam tinggi saat didatangkan. Bisa jadi karena kepanasan juga. Saat ini kami sedang merawat sedikitnya 23 orang yang didatangkan dari tugas pemilu," kata R B Kamal, kepala sekolah kedokteran tempat para personel tersebut dirawat.

Sponsored

Pemilu terbesar di dunia dan kampanyenya yang melelahkan telah dilanda suhu yang mencapai rekor tertinggi pada musim panas. Pemungutan suara tahap terakhir dijadwalkan akan diadakan pada hari Sabtu dan suara akan dihitung pada hari Selasa.

Sepuluh kematian juga dilaporkan di rumah sakit pemerintah di wilayah Rourkela di Odisha pada hari Kamis, kata pihak berwenang kepada Reuters, sehingga mendorong pemerintah Odisha untuk menyarankan agar tidak melakukan aktivitas di luar ruangan antara pukul 11.00 hingga 15.00. waktu setempat ketika suhu mencapai puncaknya.

Sementara, media melapporkan tiga orang meninggal karena dugaan serangan panas di negara bagian Jharkhand, negara bagian yang bertetangga dengan Bihar.

Di Delhi, di mana suhu tinggi telah menyebabkan burung dan monyet liar pingsan atau jatuh sakit, kebun binatang kota ini mengandalkan kolam dan alat penyiram untuk memberikan bantuan kepada 1.200 penghuninya.

“Kami telah beralih ke pola makan pengelolaan musim panas, yang mencakup pola makan lebih banyak cairan serta buah-buahan dan sayuran musiman yang mengandung lebih banyak air,” Sanjeet Kumar, direktur kebun binatang, mengatakan kepada kantor berita ANI.

Delhi, yang suhunya mencapai 45,4 derajat Celsius pada Jumat sore, mencatat kematian pertama akibat cuaca panas pada minggu ini dan menghadapi kekurangan air yang parah.

Miliaran orang di Asia bergulat dengan suhu yang melonjak – sebuah tren yang menurut para ilmuwan diperburuk oleh perubahan iklim yang disebabkan oleh aktivitas manusia.

Negara tetangga India, Pakistan, juga mengalami peningkatan kebakaran hutan karena suhu meningkat hingga mencapai 52,2 derajat Celcius pada minggu lalu.

India adalah negara penghasil emisi gas rumah kaca terbesar ketiga di dunia, namun telah menetapkan target untuk menjadi negara penghasil emisi nol karbon (net-zero emitter) pada tahun 2070.

Meskipun panas melanda beberapa wilayah di negara itu, negara bagian Manipur dan Assam di bagian timur laut dilanda hujan lebat setelah Topan Remal, dan beberapa daerah terendam banjir pada hari Jumat.

Hujan muson juga melanda pantai negara bagian Kerala paling selatan di negara itu pada hari Kamis, dua hari lebih awal dari perkiraan.(asiaone,reuters)

Berita Lainnya
×
tekid