sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Soal rumor kematian Kim Jong-un, Korsel: Dia hidup dan sehat

Merespons rumor kematian Kim Jong-un, pemerintah Korea Selatan menegaskan posisinya.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Senin, 27 Apr 2020 08:39 WIB
Soal rumor kematian Kim Jong-un, Korsel: Dia hidup dan sehat

Di tengah meningkatnya rumor tentang kematian Kim Jong-un, Korea Selatan mengatakan bahwa pemimpin Korea Utara itu dalam keadaan hidup dan sehat.

"Posisis pemerintah kita tegas," kata Moon Chung-in, penasihat utama kebijakan luar negeri Presiden Moon Jae-in kepada CNN. "Kim Jong-un masih hidup dan sehat. Dia tinggal di Wonsan sejak 13 April. Sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi."

Berbagai pertanyaan muncul tentang kondisi kesehatan Kim Jong-un setelah dia absen dalam perayaan HUT sang kakek yang juga pendiri Korea Utara, Kim Il-sung, pada 15 April. Menurut media Korea Utara, KCNA, empat hari sebelumnya, Kim Jong-un hadir dalam pertemuan politbiro. 

Dengan mengutip pernyataan seorang pejabat Amerika Serikat, CNN melaporkan pada awal pekan lalu bahwa Washington tengah memantau informasi intelijen yang menyebut, Kim Jong-un tengah dalam bahaya besar setelah menjalani operasi kardiovaskular. Seorang pejabat AS lainnya menuturkan kepada CNN pada Senin (20/4), kekhawatiran tentang kesehatan Kim Jong-un dapat dipercaya, tetapi tingkat keparahannya sulit dinilai.

Pernyataan tersebut datang menyusul laporan Daily NK, sebuah surat kabar daring berbasis di Korea Selatan yang fokus pada Korea Utara, bahwa Kim Jong-un dilaporkan menerima prosedur kardiovaskular akibat merokok berlebihan, obesitas, dan terlalu banyak bekerja. 

Daily NK juga menyebutkan bahwa Kim Jong-un saat ini sedang menerima perawatan di sebuah vila di Hyangsan. Setelah menilai bahwa kondisi Kim Jong-un telah membaik, sebagian besar tim medis yang merawatnya kembali ke Pyongyang pada 19 April, sementara beberapa lainnya tetap mengawasi kesembuhannya.

Sementara itu, pada Minggu (26/4), surat kabar Korea Utara Rodong Sinmun menuturkan bahwa Kim Jong-un mengirim ucapan terima kasih kepada para pekerja yang membantu merenovasi Kota Samjiyon. Seperti halnya kabar lainnya, laporan tersebut tidak dapat diverifikasi.

Kereta Kim Jong-un di Wonsan?

Sponsored

Korea Utara mengontrol dengan ketat setiap informasi terkait pemimpinnya, yang diperlakukan hampir seperti dewa di dalam negeri. Dan absennya Kim Jong-un dari media resmi pemerintah kerap memicu spekulasi dan rumor tentang kesehatannya.

Para analis selama ini sangat bergantung pada laporan dari media resmi Korea Utara dan video-video propaganda untuk mencari petunjuk.

Sebuah situs web yang memiliki spesialisasi dalam urusan Korea Utara merilis citra satelit pada Sabtu (25/4), yang menurut peneliti menunjukkan sebuah kereta yang kemungkinan milik Kim Jong-un, parkir di stasiun kereta kompleks wisata Wonsan. Kereta itu diduga telah parkir di sana setidaknya sejak 21 April.

Meski demikian, keberadaan kereta itu disebut tidak mengonfirmasi apa pun soal kondisi Kim Jong-un, tetapi memberi bobot pada laporan bahwa dia tinggal di daerah itu. Demikian menurut artikel yang dirilis oleh 38 North.

Kompleks Wonsan, menurut 38 North, termasuk di dalamnya fasilitas-fasilitas rekreasi seperti sembilan guesthouse berukuran besar, pusat rekreasi, sebuah bangunan besar besar yang dibangun setelah Kim Jong-un berkuasa, pelabuhan, lapangan tembak, gedung rekreasi, dermaga, dan landasan pacu kecil yang dikonversi pada 2019 menjadi sebuah jalur berkuda.

Berkuda merupakan hobi Kim Jong-un.

Terletak di tepi pantai, Kompleks Wonsan, merupakan tempat di mana Kim Jong-un sering menghabiskan musim panas saat masih kanak-kanak. Dia dikabarkan kerap datang ke Wonsan dengan pesawat atau berkendara. (CNN)

Berita Lainnya

ICW: Tuntutan 11 Tahun Juliari Sangat Rendah

Kamis, 29 Jul 2021 18:48 WIB

2 varian Xiaomi Mi MIX 4 muncul di TENAA

Kamis, 29 Jul 2021 15:17 WIB

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB