sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Terima surat dari Trump, Kim Jong-un: Isinya sangat bagus

Ini bukan kali pertama Donald Trump dan Kim Jong-un berkorespondensi.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Minggu, 23 Jun 2019 09:05 WIB
Terima surat dari Trump, Kim Jong-un: Isinya sangat bagus

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menerima surat pribadi dari Presiden Amerika Serikat Kim Jong-un. Demikian dilaporkan kantor berita Korean Central News Agency (KCNA).

KCNA melaporkan bahwa Kim Jong-un puas dengan surat tersebut yang menurutnya isinya sangat bagus. 

"Kim Jong-un mengatakan dia akan dengan sungguh-sungguh merenungkan konten yang serius dan menghargai keberanian luar biasa Presiden Trump," ungkap KCNA.

Gedung Putih belum memberikan respons terkait isu ini. Ini bukan surat misterius pertama bagi kedua pemimpin kontroversial tersebut.

Pada awal bulan ini, Trump mengatakan kepada wartawan bahwa dia menerima "surat yang indah" dari Kim Jong-un. Ini merupakan surat pertama sejak pertemuan puncak keduanya di Hanoi, Vietnam, yang tidak menghasilkan kesepakatan apapun.

"Saya menghargai surat tersebut," kata Trump saat itu.

Tetapi menurut sumber yang mengetahui isinya, surat itu tidak memiliki substansi dan tidak berisi perincian tentang jalan ke depan untuk perundingan denuklirisasi yang terhenti antara kedua negara.

Seorang pejabat pemerintahan menggambarkan surat itu sebagai "ucapan selamat ulang tahun." Ulang tahun Trump jatuh pada 14 Juni dan menurut pejabat yang sama, Kim Jong-un mengucap harapan agar Trump senantiasa dalam kondisi sehat.

Sponsored

Aksi berkirim surat juga terjadi jelang KTT di Vietnam. Pada awal Januari 2019, Trump mengaku dia menerima surat yang disebutnya menakjubkan dari Kim Jong-un.

Beberapa hari kemudian, sebuah sumber yang akrab dengan pembicaraan denuklirisasi menyebutkan bahwa Trump mengirim surat kepada Kim Jong-un dan surat itu diserahkan langsung ke pemimpin Korea Utara tersebut.

Sumber : CNN

Berita Lainnya
×
tekid