sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Tunggangi kuda putih, Kim Jong-un kunjungi gunung keramat

Analis menilai peristiwa ini menandai awal dari sebuah pengumuman besar.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Rabu, 16 Okt 2019 14:06 WIB
Tunggangi kuda putih, Kim Jong-un kunjungi gunung keramat

Kim Jong-un mendaki gunung tertinggi di Korea Utara dengan menunggangi kuda. Sejumlah foto yang dirilis oleh media pemerintah, KCNA, menunjukkan pemimpin Korea Utara itu duduk di atas seekor kuda berwarna putih di Gunung Paektu yang tertutup salju.

Ini bukan kali pertama Kim Jong-un menjejakkan kaki di gunung keramat yang memiliki ketinggian 2.750 meter. Analis mengatakan, peristiwa ini merupakan awal dari sebuah pengumuman besar.

Paektu memiliki tempat khusus dalam identitas Korea Utara dan telah diyakini sebagai tempat kelahiran ayah Kim Jong-un.

"Perjalanannya dengan menunggang kuda di Gunung Paektu adalah peristiwa besar yang sangat penting dalam sejarah revolusi Korea," tulis KCNA dalam laporannya pada Rabu (16/10).

"Duduk di atas kuda di puncak Gunung Paektu, telah memicu emosi mendalam tentang jalan perjuangan sulit yang dia lalui untuk tujuan besar membangun negara yang paling kuat."

Pada 2017, Kim Jong-un mengunjungi gunung itu beberapa pekan sebelum menyampaikan pidato tahun barunya, di mana dia mengisyaratkan mencairnya relasi diplomatik dengan Korea Selatan.

Kim Jong-un dilaporkan telah mendaki Paektu setidaknya tiga kali. Pada 2018, dia melakukannya dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Paektu, sebuah gunung berapi aktif, berjarak ratusan kilometer dari Pyongyang, dan berada tepat di perbatasan antara Korea Utara dan China.

Sponsored

Pada awal bulan ini, delegasi Korea Utara mengadakan pembicaraan dengan delegasi Amerika Serikat di Swedia. Itu merupakan tatap muka pertama sejak Donald Trump dan Kim Jong-un bertemu di Zona Demiliterisasi pada Juni.

Utusan nuklir utama Korea Utara Kim Myong-gil menuturkan bahwa perundingan itu tidak memenuhi harapan mereka. Namun, klaim berbeda datang dari AS, yang menyatakan bahwa diskusi berlangsung dengan baik.

Sebelum perundingan, Korea Utara menembakkan rudal balistik tipe baru. Dan itu merupakan uji coba ke-11 sepanjang tahun ini.

Sumber : BBC