sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

UPDATE: Menewaskan 50 orang, 9 Fakta tragedi pesawat militer Filipina

Sebuah tim investigasi tiba untuk mencari perekam data penerbangan pesawat dan menyelidiki penyebab kecelakaan.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Senin, 05 Jul 2021 14:40 WIB
UPDATE: Menewaskan 50 orang, 9 Fakta tragedi pesawat militer Filipina

Lima puluh orang tewas ketika sebuah pesawat Angkatan Udara Filipina jatuh di Filipina selatan pada Ahad kemarin (4/7).

Juru bicara militer Filipina, Mayor Jenderal Edgard Arevalo, mengatakan 47 personel tentara tewas, sementara 49 selamat dari kecelakaan itu dan dirawat di rumah sakit. Tiga warga sipil di darat tewas dan empat terluka, kata Arevalo.

Sebuah tim investigasi tiba Senin ini untuk mencari perekam data penerbangan pesawat dan menyelidiki apa yang menyebabkan kecelakaan itu. Mereka juga akan melihat laporan tentara yang melompat dari pesawat.

Komandan Satuan Tugas Gabungan Sulu William N Gonzales mengatakan personel yang bepergian dengan pesawat tersebut "seharusnya melapor ke batalion mereka hari ini. Mereka seharusnya bergabung dengan kami dalam perang melawan terorisme."

9 Fakta seputar kecelakaan pesawat militer C-130 Filipina 


1. Pesawat mengangkut tentara baru

Para prajurit yang diterbangkan merupakan lulusan baru  dan baru saja menyelesaikan pelatihan militer.

2. Kecelakaan di landasan pacu 

Sponsored

Pesawat militer C-130 sedang mengangkut pasukan dari  Cagayan de Oro, di Mindanao, ke provinsi Sulu ketika gagal mendarat di landasan pacu di Pulau Jolo.

3  Membawa 96 personel dan awak.

Pesawat tersebut membawa 96 personel tentara dan awak itu jatuh di Desa Patikul sekitar pukul 11.30 waktu setempat pada Minggu (11:30 ET). 

4.  Bencana udara militer terburuk dalam 30 tahun

Peristiwa ini adalah bencana udara militer terburuk di      negara itu dalam sekitar 30 tahun, Reuters melaporkan.      Pada tahun 1993, sebuah C-130 Angkatan Udara Filipina       jatuh, menewaskan 30 orang.

5.  Pesawat baru tiba di Filipina, 'hadiah' AS

 Pesawat Lockheed Martin C-130 baru saja tiba di  Filipina. Itu adalah salah satu dari dua pesawat yang  diberikan oleh program pembiayaan militer pemerintah  AS, menurut pengumuman situs web pemerintah AS pada Februari.

6.  Pesawat dalam kondisi baik

 Pesawat itu dinilai dalam kondisi baik. Itu memiliki  1.000 jam terbang tersisa sebelum dijadwalkan untuk  pemeliharaan.

7. Pesawat lain di grounded 

Semua C-130 di Filipina sekarang akan di-grounded   sebagai bagian dari prosedur operasi standar militer.       Namun, militer hanya memiliki satu C-130 lainnya di dalam negeri -- dua lainnya di armada berada di luar negeri untuk pemeliharaan.

8. Sebelumnya helikopter alami kecelakaan 

 Kecelakaan hari Minggu terjadi beberapa pekan setelah       helikopter utilitas S-70i Black Hawk yang baru              diakuisisi jatuh dalam penerbangan malam sekitar 60 mil     utara ibukota Manila. Semua enam orang di dalamnya          tewas, menurut CNN Filipina. Helikopter itu adalah salah    satu dari sejumlah helikopter utilitas tempur baru yang     dibeli oleh angkatan bersenjata dalam upayanya untuk        memodernisasi armadanya. 

9. Batalyon untuk memerangi Abu Sayyaf

Personel militer di pesawat nahas adalah dari batalyon untuk memerangi Abu Sayyaf, sebuah kelompok jihad                    Filipina yang berbasis di Sulu yang telah terlibat dalam    serangan bom dan pembajakan selama beberapa dekade.         Kelompok ini menyatakan kesetiaan kepada ISIS pada tahun    2014. (Sumber CNN)

Berita Lainnya
×
tekid