sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

5 karbohidrat Kompleks yang baik untuk sahur

Selain menjadi sumber energi, makanan tersebut harus juga berfungsi membantu membangun imunitas tubuh.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Jumat, 23 Apr 2021 12:30 WIB
5 karbohidrat Kompleks yang baik untuk sahur


Sumber energi sangat penting untuk kegiatan kita selama menjalankan ibadah puasa. Salah satunya bisa kita cari dengan karbohidrat.

Puasa di tengah pandemi seperti ini, seharusnya menjadikan kita harus lebih peduli dengan makanan yang dipilih selama sahur. Selain menjadi sumber energi, makanan tersebut harus juga berfungsi membantu membangun imunitas tubuh, salah satunya karbohidrat kompleks.

Kenapa sih harus karbohidrat kompleks? Seperti yang kita ketahui, karbohidrat terdiri atas tiga komponen utama yaitu, serat, pati, dan gula. Karbohidrat kompleks yang terdiri atas serat dan pati bermanfaat memberikan energi dan memberikan kesan kenyang yang lebih lama karena proses pencernaannya yang memekan waktu yang lebih lama. 

Berikut lima karbohidrat kompleks yang bisa dijadikan menu untuk sahur:

1. Nasi merah
Kandungan serat yag cukup tinggi menjadi alasan nasi merah dijadikan sebagai menu sahru maupun menu diet. Selain terpenuhinya sumber energi, sistem pencernaan kita juga akan lebih baik, karena kandungan serat yang dapat melancarkan buang air besar.

2. Nasi jagung
Selain memiliki serat yang cukup tinggi, adanya jagung juga menambah asupan makanan yang sehat karena kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan kandungan glukosa yang rendah. 

3. Pasta gandum
Ingin susatu yang berbeda saat sahur? Bisa nih dicoba dengan menu pasta. Kita bisa mengganti pasta biasa dengan pasta gandum utuh. Pastinya kita akan merasa kenyang lebih lama.

4. Kentang
Adanya kandungan pati resisten membuat makanan ini lama dicerna. Ditambah juga, kandungan soduimnya yang rendah dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Namun, selalu dikonsumsi dengan batasan yang normal ya!

Sponsored

5.Oatmeal
Biasnaya dijadikan menu sahur para anak kosan ini ternyata sangat berperan mensiasati rasa kenyang kita di satu hari penuh. Vitamin dan serat tinggi yang dimiliki berguna untuk mengontrol kadar kolestrol.

Berita Lainnya