logo alinea.id logo alinea.id

6 cara sehat meminum kopi

Banyak yang bilang meminum kopi memiliki efek samping pada kesehatan, terutama kandungan cafein yang membuat jantung berdebar-debar.

Alia Kirana
Alia Kirana Rabu, 06 Jun 2018 01:45 WIB
6 cara sehat meminum kopi

Banyak yang bilang meminum kopi memiliki efek samping pada kesehatan, terutama kandungan cafein yang membuat jantung berdebar-debar.

Kopi merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Berdasarkan WebMD, sebuah penelitian kecil mengungkapkan bahwa mengonsumsi kopi dapat membantu mengatur berbagai fungsi tubuh, seperti tekanan darah, nafsu makan, dan pembakaran kalori.

Sementara itu, Menurut Health.com, kebiasaan minum kopi setiap hari dapat membantu menangkal sejumlah penyakit, seperti diabetes tipe 2, Parkinson, dan lainnya. 

Sayangnya, banyak orang mengonsumsi kopi dengan cara yang keliru, sehingga malah mendatangkan penyakit.

Agar bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari kopi, Anda perlu mengonsumsinya dengan enam cara seperti ditulis oleh Health.com berikut ini:

1. Minum air putih terlebih dahulu

Banyak orang melakukan ritual minum kopi di pagi hari. Hal ini sah-sah saja. Namun akan menjadi keliru bila tidak disertai dengan minum air putih secara cukup. 

Bahkan, Anda perlu minum air putih terlebih dahulu saat bangun tidur. Setelah itu, bolehlah menyeruput kopi. Jangan lupa juga untuk tetap minum air putih dengan cukup sepanjang hari, agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Sponsored

2. Menyingkirkan pemanis buatan

Memang, ada produk pemanis buatan yang bebas kalori. Namun, menurut penelitian, mengonsumsi pemanis buatan berhubungan dengan meningkatnya risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2. 

Karena itu, Anda perlu menyingkirkan pemanis buatan mulai sekarang. Anda perlu mencoba me kopi tanpa pemanis atau menambahkan sedikit gula.

3. Memperhatikan asupan gula harian

The American Heart Association merekomendasikan batas asupan gula harian untuk perempuan, yaitu enam sendok teh per hari. Sementara itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia merekomendasikan asupan gula per orang per hari, yaitu tidak lebih dari 50 gram atau empat sendok makan.

Jadi, Anda perlu memperhatikan asupan gula, termasuk yang ada di dalam kopi. Daripada menambahkan gula terlalu banyak dari wadah yang besar, Anda lebih baik menambahkan gula ke dalam secangkir kopi dengan menggunakan sendok. Atau, tuangkan satu sachet atau satu sendok teh gula ke dalam kopi. Kalau Anda minum kopi susu atau kopi dengan krim pemanis, jangan lagi menambahkan gula.

4. Memakai susu nabati untuk membuat kopi susu

Kalau suka kopi susu, cappuccino, atau kopi lainnya yang dicampur susu, Anda perlu memilih susu organik. Biasanya, susu organik kaya akan nutrisi. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan susu dari almon, kelapa, dan lainnya yang lebih rendah kalori. 

Kalau Anda lebih suka susu yang manis, periksalah terlebih dahulu kandungan gula pada tabel gizinya. Perhatikan bahwa empat gram gula sama dengan satu sendok teh.

5. Menambahkan rempah-rempah, seperti kayu manis

Salah satu kiat untuk mengurangi asupan gula, yaitu dengan menambahkan rempah-rempah, seperti kayu manis, jahe, pala, atau cengkeh. Selain memperkaya rasa dan aroma, rempah-rempah juga banyak mengandung antioksidan. Menaburkan bubuk cokelat ke atas secangkir kopi juga ide menarik. Sebab, bubuk cokelat juga kaya antioksidan.

6. Jangan minum kopi di sore hari

Pastikan Anda tidak meminum kopi di sore hari. Hal ini akan membuat kamu berenergi menjelang malam atau waktu tidur. Anda sebaiknya berhenti mengonsumsi kopi enam jam sebelum tidur.