sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Batang pohon pisang mahal di Amerika, tengok manfaatnya untuk kesehatan

Kenapa orang Amerika menghargai batang pisang dengan cukup mahal. Ternyata, bagian batang pisang punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Selasa, 07 Sep 2021 10:59 WIB
Batang pohon pisang mahal di Amerika,  tengok manfaatnya untuk kesehatan

Batang pohon pisang laku dijual dengan harga tinggi di Amerika Serikat. Padahal di Indonesia, bagian pohon pisang itu tidak dihargai. Tidak pernah ada satu potongan batang pohon itu dipampang di rak supermarket. 

"Orang Indonesia "nangis" lihat harga potongan kecil gedebog pisang yang harganya hampir seratus ribu rupiah di Amerika Serikat ini. Di sana potongan batang pohon pisang dijual di Hornbill Asian Market, USA seharga US$5,95 kurang lebih setara dengan Rp 85.000. Bagaimana, tertarik jadi eksportir gedebog pisang ?" kata Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indah Parawansa, di Instagramnya.

Kenapa orang Amerika menghargai batang pisang dengan cukup mahal. Ternyata, bagian batang pisang punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Fakta Gizi Batang Pisang:

Batang pisang sebenarnya bukan batang, melainkan tangkai bunga dan tangkai ini menopang seluruh tanaman pisang. Meskipun lapisan luarnya dibuang, bagian dalam tangkai bunga membentuk bahan makanan yang kaya serat dan dapat dimakan. Ini memiliki rasa susu dan tekstur yang renyah dan sering digunakan dalam makanan ringan goreng atau kari gurih.

Batang pisang mengandung banyak serat dan dengan demikian diketahui bermanfaat dalam mencegah sembelit dan juga maag dalam jangka panjang. Bahkan mengandung banyak vitamin B6 dan potasium dan nutrisi ini benar-benar dapat membantu dalam mempertahankan tonus otot dan juga meningkatkan produksi insulin dan hemoglobin; itulah sebabnya batang dianjurkan untuk pasien yang menderita anemia dan diabetes. Mereka juga dikenal rendah kalori dan itulah mengapa Anda dapat menambahkannya ke dalam diet harian Anda untuk mendapatkan manfaat kesehatan terbaik.

Manfaat Kesehatan yang Menakjubkan adalah:

Manfaat Batang Pisang dalam Mengobati Anemia:
Batang pisang diketahui dapat mengobati anemia. Ini karena dikemas dengan vitamin B6 dan zat besi, yang keduanya bertanggung jawab untuk meningkatkan kandungan hemoglobin dalam darah. Inilah sebabnya mengapa pasien anemia biasanya dianjurkan untuk menambahkan batang pisang atau jus batang pisang dalam makanan mereka.

Sponsored

Manfaat Batang Pisang Untuk Menurunkan Berat Badan:
Batang pisang juga dikenal bermanfaat dalam menurunkan berat badan. Ini karena mereka kaya serat dan itulah yang membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama. (1) Selain itu, ia juga memperlambat pelepasan lemak dan gula dalam aliran darah Anda dan bahkan memperlancar buang air besar.

Batang Pisang Bermanfaat dalam Mengelola Kolesterol:
Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari batang pisang adalah mengatur kadar kolesterol dalam darah. Ini kaya akan vitamin B6 dan juga zat besi dan dengan demikian meningkatkan jumlah hemoglobin. Batang pisang juga dikemas dengan potasium dan itulah alasan mengapa cukup efektif dalam mengobati kolesterol dan juga tekanan darah tinggi.

Batang Pisang Mengatur Tekanan Darah:
Seperti disebutkan di atas orang yang menderita tekanan darah tinggi bisa mendapatkan manfaat dari minum jus batang pisang karena membantu mengurangi dan mengatur tekanan darah mereka.

Batang Pisang Membersihkan Saluran Kemih Dan Mengobati Infeksi Saluran Kemih:
Jus batang pisang dikenal bersifat diuretik dan membantu membuang racun dan juga membersihkan saluran kemih. Jadi, minum jus batang pisang minimal 3 kali dalam seminggu sebenarnya bisa mencegah ISK atau Infeksi Saluran Kemih.

Baik Untuk Batu Ginjal:
Jus batang pisang dikenal dapat mencegah batu ginjal. Mencampur jus lemon dengan jus batang pisang bisa menjadi metode yang sangat efektif untuk memerangi batu ginjal. Kehadiran potasium dan sifat diuretik dalam batang pisang bersama dengan asam sitrat lemon bersama-sama bekerja untuk menghentikan pembentukan kristal kalsium atau gumpalan kalsium dari ginjal dan dengan demikian sangat bagus untuk batu ginjal. Ini membantu Anda mengurangi rasa sakit karena batu ginjal dan juga membuat Anda merasa segar. Anda juga bisa meminum jus batang pisang bersama dengan bubuk kapulaga sehingga dapat mencegah batu ginjal.

Batang Pisang Baik Untuk Penderita Diabetes:
Satu lagi manfaat kesehatan batang pisang adalah baik untuk penderita diabetes. Ini lebih efektif bila jus diambil tanpa disaring. Jus tidak memiliki gula dan dengan demikian tidak meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, ia juga memiliki indeks glikemik rendah dan ini merupakan faktor yang cukup penting bagi setiap pasien diabetes.

Batang Pisang Membakar Lemak Perut:
Apakah Anda ingin menyingkirkan lemak perut itu? Jika ya, maka batang pisang adalah salah satu hal yang bisa Anda coba. Cukup tambahkan beberapa irisan jahe ke dalam jus batang pisang dan ini akan membantu Anda membakar lemak perut yang membandel. Ini membantu dalam meningkatkan pencernaan dan metabolisme tubuh. Diperkaya dengan serat, jus batang pisang atau bahkan secangkir batang pisang mengisi perut Anda dan membuat Anda kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

Membantu Dalam Mengobati Sembelit:
Batang pisang memiliki beberapa manfaat kesehatan. Salah satu manfaatnya antara lain, mengobati sembelit. Ini kaya akan kandungan serat dan ini bertindak sebagai pencahar sehingga dapat meringankan sembelit. Untuk mendapatkan asupan serat yang maksimal, Anda perlu mengonsumsi jus batang pisang tanpa disaring.

Batang Pisang Membantu Dalam Mengobati Hyperacidity:
Namun manfaat kesehatan lain dari batang pisang adalah manfaat dalam mengobati hyperacidity. Ini adalah bagian penting dari pisang yang benar-benar menawarkan bantuan yang adil dari hyperacidity dan mulas dengan mengatur kadar asam dalam tubuh Anda. Batang pisang bekerja paling baik bila dikonsumsi saat perut kosong.

Batang Pisang Membantu Detoksifikasi:
Batang pisang juga bermanfaat dalam detoksifikasi. Ini karena batangnya memiliki sifat untuk meningkatkan produksi urin dan dengan demikian membantu membuang racun dari tubuh. Cukup mencampur satu kapulaga atau lemon dalam jus batang pisang akan membantu dalam detoksifikasi dan juga dalam mencegah batu ginjal (disebutkan sebelumnya).

Membuat Jus Batang Pisang:
Jika Anda ingin membuat jus batang pisang, Anda hanya perlu membersihkan batang pisang dengan benar lalu dipotong-potong menjadi beberapa bagian dan simpan di lemari es. Sekarang, untuk menyiapkan jus pisang, tambahkan batang, yogurt, jintan panggang, garam dan merica ke dalam blender dan siapkan pasta halus. Anda bisa mengonsumsinya kental atau bisa menambahkan jumlah air yang dibutuhkan untuk membuat jus.

Selain jus batang pisang, Anda juga dapat menyiapkan smoothie dengan mencampurkan satu apel, satu cangkir batang pisang yang direndam, dan satu cangkir air. Saring jus dan tambahkan beberapa es batu ke smoothie sehat ini.

Kesimpulan:
Jadi, ada beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa dari batang pisang. Jika Anda terkesan dengan manfaat kesehatan ini, sudah pasti Anda perlu menambahkan ini ke dalam diet harian Anda. Sekarang, pilihan ada di tangan Anda; tentang bagaimana Anda ingin menambahkan batang pisang ke dalam diet Anda. Anda bisa mencoba jus batang pisang, smoothie, atau melihat beberapa resep kari batang pisang dan mencoba membuatnya.(epainassist)

Berita Lainnya