sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Berburu makanan khas Lombok, salah satu surga kuliner Indonesia

Pulau Lombok sudah tidak asing lagi di benak masyarakat Indonesia.

Tim copywriter
Tim copywriter Rabu, 10 Agst 2022 13:51 WIB
Berburu makanan khas Lombok, salah satu surga kuliner Indonesia

Salah satu provinsi yang terkenal dengan kelengkapan destinasi wisatanya adalah Nusa Tenggara Barat. Di sini, ada pulau Lombok yang memang sudah tidak asing lagi di benak masyarakat Indonesia. Wisata bahari, Wisata Gunung, Wisata Kebudayaan, dan Wisata Kuliner bisa Anda temukan dengan sangat mudah.

Setiap tahunnya, ada puluhan ribu wisatawan baik lokal maupun mancanegara datang ke tempat ini untuk berlibur ataupun healing. Tidak heran, wisata alam yang berpadu dengan kemajuan teknologi ada di Lombok. Anda tentu masih ingat kalau Sirkuit Mandalika yang dibangun dengan kualitas internasional ada di provinsi ini.

Ada banyak pilihan transportasi menuju pulau surga yang satu ini. Anda bisa pesan tiket pesawat Lombok di Traveloka, pilihan maskapainya beragam. Kemudian Anda juga bisa menggunakan jalur darat, dengan menyeberang dari pulau Bali.

Selama berlibur di Lombok, Anda tentu membutuhkan transportasi agar bisa leluasa pergi dari satu destinasi wisata ke Kawasan wisata lainnya. Tenang, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak pilihan moda transportasi di sini.

Apabila Anda pergi bersama keluarga, Anda tentunya lebih memilih kendaraan privat yang nyaman. Anda bisa menyewa mobil beserta supir atau memesan taxi seperti Blue Bird dan yang lain. Anda juga bisa naik ojek, sepeda, atau cidomo. Dua kendaraan yang terakhir disebut biasanya tersedia di tempat-tempat wisata seperti Gili Trawangan dan Gili lainnya.

Jalan-jalan menikmati pantai, menelusuri gunung, atau menyelam di laut terasa tidak lengkap jika Anda tidak mencoba mencicipi kuliner khas yang ada di Lombok. Agar tidak ketinggalan, berikut beberapa rekomendasi tujuan kuliner yang nikmat dan menggoyang lidah yang bisa Anda temukan di Lombok:

1. Ayam Taliwang

Hampir semua orang menyukai sajian ayam. Oleh karena itu, cobalah Ayam Taliwang, ayam kampung berukuran sedang yang dimasak dengan bumbu merah dan dibakar hingga matang.

Sponsored

Ayam yang satu ini rasanya memang cenderung pedas. Sangat cocok dinikmati bersama sebakul nasi putih panas, lalapan, serta sambal dan juga segelas es jeruk. Rempah-rempah yang berada di dalam bumbu yang meresap hingga ke tulang tak pelak membuat Ayam Taliwang menjadi sangat kaya rasa.

Beberapa restoran yang menyajikan menu Ayam Taliwang antara lain Ayam Taliwang Khas Pak Udin, Ayam Taliwang Irama, Rumah Makan Taliwang Kania, dan juga Ayam Taliwang H. Moerad. Setiap restoran memiliki keunikan dan kekhasan masing-masing. Harga per porsi ayam Taliwang cukup terjangkau yakni mulai dari Rp30.000 saja.

2. Sate Tanjung

Biasanya, sate dibuat dari daging hewan seperti ayam, sapi, atau kambing. Namun di Lombok ada yang namanya Sate Tanjung, sate yang berbahan dasar ikan cakalang, ikan marlin atau ikan langoan.

Daging ikan dipisahkan dari duri serta kotorannya lalu direndam bumbu semalaman. Konon katanya, proses perendaman bumbu inilah yang membuat Sate Tanjung jadi terasa lezat pada setiap gigitannya.

Setelah digiling bersama bumbu, tambahkanlah santan kental. Adonan dibentuk di sebuah bilah bambu kemudian dibakar di atas bara batok kelapa. Agar rasa menjadi semakin nikmat, tidak lupa diberi irisan jeruk nipis.

Terbayang sudah kelezatan dari setangkai Sate Tanjung yang dinikmati bersama sepiring nasi hangat. Harga dari seporsi Sate Tanjung pun tidak mahal. Anda bisa menemukan Sate Tanjung di Restoran Sate Ikan Khas Tanjung atau Sate Ikan Tanjung Mama Zira.

3. Bebalung

Ingin makanan yang berkuah dan bisa dinikmati panas-panas? Bebalung adalah jawabannya. Makanan khas yang berasal dari Lombok Timur ini terbuat dari tulang iga sapi, meski terkadang dari iga kerbau juga bisa.

Kuahnya yang segar terasa sangat nikmat karena penuh rempah. Daging iga yang disajikan tidak terasa amis dan empuk ketika digigit. Konon, bebalung adalah makanan yang memiliki khasiat menyehatkan dan menambah vitalitas.

Biasanya bebalung disajikan bersama nasi putih, sambal dan juga plecing kangkung. Anda bisa mencicipi menu khas ini di Warung Bebalung Sapi, Depot Kelebet, dan juga Bebalung Khas Lombok Bu Har.

4. Nasi Puyung

Sekilas Anda mungkin akan menyebut bahwa Nasi Puyung ini mirip dengan Nasi Campur Bali atau Nasi Rames. Memang, Nasi Puyung adalah nasi yang dikukus dan disajikan bersama beberapa lauk serta sayur.

Anda bisa menambahkan ayam suwir, telor suwir, tahu goreng, tempe goreng, kering kentang, sambal dan juga tumis kacang. Nasi Puyung yang paling terkenal adalah Nasi Puyung Inaq Esun. Buka hingga persediaan habis, Anda sebaiknya hindari jam-jam ramai.

Nah, ternyata kuliner dari Lombok sangat menggoda ya? Agar tidak penasaran, segera susun liburan Anda ke sini sekarang juga. Jangan lupa untuk pakai Traveloka saat memesan tiket pesawat ataupun hotel agar liburan semakin menyenangkan.

Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Senin, 06 Feb 2023 09:15 WIB
Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid