sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Destinasi wisata sejarah di pusat kota Surabaya

Wisata ke tempat-tempat bersejarah bisa jadi pilihan.

Tri Kurniawan
Tri Kurniawan Kamis, 11 Feb 2021 14:53 WIB
Destinasi wisata sejarah di pusat kota Surabaya

Surabaya memang memiliki berbagai destinasi wisata seru yang menarik untuk dikunjungi. Anda dijamin tidak akan kehabisan pilihan tempat wisata saat berkunjung ke Kota Pahlawan ini. Mulai dari wisata kuliner, wisata sejarah hingga berbagai pilihan wisata alam yang seru untuk dijelajahi.

Namun di saat pandemi ini Anda harus lebih selektif dalam memilih moda transportasi menuju Surabaya dan juga tempat wisata yang dikunjungi.

Nah, naik travel bisa jadi pilihan pas karena jumlah penumpang yang terbatas sehingga minim interaksi. Selain itu pastikan juga tempat wisata yang dituju sudah menerapkan protokol kesehatan dalam menerima wisatawan yang berkunjung agar perjalanan terasa aman dan nyaman.

Wisata ke tempat-tempat bersejarah bisa jadi pilihan anti-mainstream yang bisa Anda lakukan di Surabaya. Ada banyak sekali bangunan bersejarah yang bisa dikunjungi di kota ini. Berikut ada tiga destinasi wisata sejarah di pusat Kota Surabaya yang bisa jadi tujuan perjalanan Anda.

1. Monumen Kapal Selam

Rasakan serunya mengunjungi monumen kapal selam yang berada di Jalan Pemuda No.39, Genteng ini. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang, Anda sudah bisa masuk ke dalam kapal selam KRI Pasopati 410 yang dulunya dipakai Angkatan Laut Republik Indonesia dalam operasi Laut Aru, yaitu operasi pembebasan Irian Barat dari Belanda.

Monumen kapal selam terbesar di Asia ini memiliki panjang 76 meter dan lebar 6,5 meter. Ada tujuh ruangan yang bisa dijelajahi pengunjung di dalam kapal selam ini, di antaranya ruang mesin diesel, ruang haluan torpedo, ruang awak kapal, ruang komando, dan pusat komando.

Selain itu ada banyak fasilitas pendukung yang bisa dinikmati, seperti videorama yang menampilkan sejarah kapal selam dan pembuatan museum serta live musik hingga rekreasi di Sungai Kalimas.

Sponsored

2. De Javasche Bank

Museum mata uang yang satu ini tampil lebih menarik dan instagramable setelah selesai direstorasi. Museum De Javasche Bank atau yang juga dikenal dengan Museum Bank Indonesia ini memiliki tiga lantai yang berisi berbagai sejarah sistem perbankan di Indonesia.

Di sini Anda bisa mengunjungi ruang koleksi mata uang yang lama untuk melihat berbagai alat tukar Indonesia sejak zaman sebelum kemerdekaan hingga kini. Ada juga ruangan koleksi dan konservasi, serta ruang koleksi harta budaya.

Museum yang berada di Jalan Garuda No.1, Surabaya ini juga jadi spot liburan instagramable di Surabaya karena bangunannya yang khas Belanda dengan langit-langit tinggi dan juga lampu antik.

3. Monumen Parasamya Purnakarya Nugraha

Baru diresmikan pada 28 Desember 2018 lalu, monumen yang masih berada di satu kawasan dengan kantor Gubernur Jatim ini merupakan penanda titik nol kilometer Surabaya.

Monumen Parasamya Purnakarya Nugraha ini merupakan simbol penghargaan kepada Jawa Timur atas perolehan penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha sebanyak tiga kali, yaitu pada tahun 1974, 2014, dan 2017.

Pembangunan monumen artistik ini melibatkan I Nyoman Nuarta, seniman yang juga membuat patung Garuda Wisnu Kencana di Bali. Pembangunannya juga terbilang cepat, yaitu sekitar 2,5 bulan saja. Bangunan monumen ini menggabungkan berbagai kesenian Jawa Timur, seperti Reog Ponorogo, jatilan, penari remo, penari gandrung, dan juga karapan sapi.

Di sini, Anda bisa berfoto dengan latar monumen yang memiliki tinggi 5 meter dan panjang 10 meter ini. Selain itu bisa juga berfoto di tugu titik nol Surabaya dan Tugu Parasamya yang dikelilingi kolam kecil. Tempat ini semakin ramai dan meriah saat malam karena pencahayaan yang menarik.

Itulah tadi tiga pilihan destinasi wisata sejarah di Surabaya yang bisa Anda kunjungi saat berkunjung ke kota ini. Jangan lupa siapkan tiket travel Anda dari Malang ke Surabaya agar rencana bepergian tidak berantakan. Ada banyak pilihan operator yang bisa Anda pilih. Cititrans misalnya.

Operator yang sudah beroperasi sejak tahun 2005 ini menawarkan armada nyaman untuk transportasi antar kota. Naik Cititrans pesan dulu di Traveloka secara online agar perjalanan Anda bebas repot. Selamat bepergian ke Surabaya!

Berita Lainnya