sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Disebut bisa atasi Covid-19, apa itu Oseltamivir (Tamiflu)?

Oseltamivir merupakan obat untuk menanggulangi infeksi virus influenza tipe A atau B.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Jumat, 16 Jul 2021 18:53 WIB
Disebut bisa atasi Covid-19, apa itu Oseltamivir (Tamiflu)?

Oseltamivir, masuk deretan sejumlah obat yang akhir-akhir ini menjadi pembicaraan karena dianggap dapat mengatasi virus Covid-19. Sebenarnya apa itu Oseltamivir?

Dikutip dari Alodokter, Oseltamivir merupakan obat untuk menanggulangi infeksi virus influenza tipe A atau B. Obat ini bisa mengatasi gejala-gejala seperti hidung tersumbat, radang tenggorokan, batuk, meriang, hingga lemas. Diklaim Oseltamivir mampu memangkas waktu gejala tersebut 1 hingga 2 hari. 

Oseltamivir digolongkan sebagai obat antivirus yang bekerja dengan menghentikan aktivitas perkembangan virus. 

Hello Sehat mengungkapkan bahwa cara kerja Oseltamivir ini menghambat aktivitas enzim neuraminidase yang terdapat di permukaan virus. Dengan mengurangi enzim tersebut, peluang virus untuk hinggap di tubuh, bereplikasi, serta menginfeksi tubuh dapat berkurang.
Jika Anda pernah memiliki riwayat kontak dengan penderita flu, obat ini bisa digunakan sebagai pencegahan dari tertular flu.

Yang patut dicatat, adalah sejauh ini tidak ada penelitian yang menunjukan Osetamivir mampu mengatasi infeksi Covid-19.

Namun untuk mencegah flu pada pasien yang baru terpapar virus influenza, obat ini bisa menjadi pilihan. Hanya, obat ini memerlukan resep dokter.

Sejumlah peringatan juga perlu diperhatikan dalam mengonsumsi Oseltamivir. Antara lain, obat yang salah satu merek dagangnya adalah Tamiflu ini, tidak boleh dikonsumsi bagi yang menderi alergi obat ini. Penderita sejumlah penyakit jantung, penyakit liver, dan gangguan fungsi ginjal, dan gangguan sitem kekebalan tubuh harus berhati-hati mengonsumsi obat ini.

Sebelum menggunakan, pasien perlu memberi tahu dokter tentang penggunaan obat lain, termasuk herbal dan suplemen. Pun begitu juga kehamilan perlu diinformasikan. 

Sponsored

Oseltamivir dapat digunakan anak-anak hingga dewasa, dengan takaran yang dianjurkan dok9ter. Penggunaan bagi dewasa dapat dimulai dari dua hari sejak terpapar. Obat ini juga dapat diberikan hingga enam pekan.

Obat Oseltamivir menjadi salah satu obat yang sebelumnya diberikan pada pasien Covid-19 bergejala ringan hingga kritis. Namun, rekomendasi terbaru menyebutkan bahwa obat ini hanya diberikan pada pasien Covid-19 yang diduga terinfeksi virus Influenza

Seperti dilaporkan Kompas.com, bahwa Oseltamivir tidak lagi menjadi standar perawatan Covid-19. Namun, obat ini masih bisa digunakan pada pasien Covid-19 yang diduga terinfeksi virus influenza. 

Dilaporkan bahwa hal ini rekomendasi yang disusun oleh lima organisasi profesi dokter di Indonesia. Organisasi yang terlibat adalah Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (Perki), Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (Papdi), Perhimpunan Dokter Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (Perdatin), dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), tulis Kompas.com. (Sumber: Hellosehat, Alodokter, Kompas)

Berita Lainnya