sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Fakta menarik soal stik permen yang kerap dijumpai saat Natal

Permen mint diyakini telah diperkenalkan pada 1670 oleh seorang pelatih paduan suara Jerman.

Nadia Lutfiana Mawarni
Nadia Lutfiana Mawarni Senin, 20 Des 2021 21:23 WIB
Fakta menarik soal stik permen yang kerap dijumpai saat Natal

Natal bagi anak-anak identik dengan jajanan manis, salah satunya permen. Jika diperhatikan, tradisi Natal di seluruh dunia selalu menyediakan permen dengan stik warna-warni mirip gagang payung. Tradisi gagang permen (candy canes) ini sebenarnya sudah dimulai ratusan tahun yang lalu.

Menurut National Confectioners Association seperti ditulis Fox, Senin (20/12), permen mint diyakini telah diperkenalkan pada 1670 oleh seorang pelatih paduan suara Jerman. Pelatih paduan suara yang bahkan tidak diketahui namanya itu diketahui bekerja di Katedral Cologne, tempat yang sekarang menjadi kawasan Köln, Jerman, di mana dia juga menyediakan potongan permen selama upacara Living Creche, sebuah ritual gereja yang panjang. Potongan-potongan itu diletakkan di sebuah gagang permen.

NCA menyebutkan bahwa tradisi gagang permen telah menyebar ke seluruh Jerman pada saat itu. Kemudian dibawa ke Amerika Serikat dengan bantuan seorang imigran Jerman-Swedia, August Imgard. Pada 1847, Imgard dilaporkan merayakan Natal dengan menghias pohon cemara biru dengan tongkat permen dan pernak-pernik di Wooster, Ohio, Amerika Serikat.

"Tradisi mulai menyebar, dan sekitar pergantian abad, garis-garis merah dan putih dan rasa peppermint menjadi hal yang wajib," tulis NCA, dalam sebuah posting sejarah tentang gagang permen. Permen dengan gagang yang kemudian dikenal dengan permen tongkat mulai diproduksi secara komersial pada 1920-an oleh Bobs Candies, sebuah perusahaan permen yang berbasis di Albany, Georgia. Pemilik pabrik, Bob McCormack, membuat tongkat permen sebagai suguhan Natal khusus untuk anak-anaknya, teman dan penjaga toko lokal.

Sponsored

Produksi tongkat permen semakin masif pada 1950-an setelah Bobs Candies memperkenalkan otomatisasi mesin di pabriknya, yang memungkinkan mesin untuk menarik, memutar, memotong dan membengkokkan tongkat permen dengan hanya sedikit interaksi manusia.

Tongkat permen Bobs masih dijual di AS di bawah Ferrara Candy Co. Produsen permen lainnya memasak tongkat permen sepanjang tahun, dengan perhatian khusus dari akhir November hingga Desember, termasuk Spangler Candy Co. dan Doscher's Candy Co. Hari Candy Cane Nasional dirayakan di Amerika Serikat pada 26 Desember atau sehari setelah Natal. Ketika itu, banyak keluarga memilih dekorasi sekaleng permen yang berbentuk menyerupai pohon dan karangan bunga, dan karangan bunga.

Kemudian, 90% permen tongkat dijual antara Thanksgiving dan Hari Natal. Permen tongkat biasanya mencapai penjualan tertinggi di minggu kedua Desember. Rata-rata, tongkat permen akan dibuat setinggi 6 inci dan tebal 0,25 inci. Peppermint adalah rasa khas tongkat permen, tetapi puluhan rasa dan warna telah diperkenalkan termasuk cokelat, permen buah dan kue.

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid