sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jalur sepeda sementara di Sudirman-Thamrin dibuka pada jam tertentu

Jalur sepeda sementara ini, hanya berlaku di kawasan sepanjang Sudirman-Thamrin.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Jumat, 19 Jun 2020 09:19 WIB
Jalur sepeda sementara di Sudirman-Thamrin dibuka pada jam tertentu
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 78572
Dirawat 37226
Meninggal 3710
Sembuh 37636

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membuka jalur sepeda sementara (pop up bike line) di sepanjang kawasan Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Jalur yang dibuka tersebut, di luar jalur sepeda yang sudah tersedia, dan hanya dibuka pada jam-jam tertentu saja. 

"Kalau pagi antara jam 06.00-08.00 WIB. Sementara sore hari mulai jam 16.00-18.00. Di luar jam itu, traffic cone (kerucut lalu lintas), sehingga jalur sepenuhnya untuk lalu lintas," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Syafrin Liputo di Jakarta, Jumat (19/6).

Syafrin menuturkan jalur sepeda sementara ini, hanya berlaku di kawasan sepanjang Sudirman-Thamrin. Sementara, jalur sepeda sepanjang 63 kilometer yang sudah tersedia di sepanjang Jakarta tetap berlaku tanpa penambahan jalur sementara.

Pada penerapan masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi ini, pengguna transportasi sepeda di Jakarta mengalami peningkatan yang signifikan. 

Oleh karena itu, perluasan jalur untuk sepeda dapat mengurangi risiko penyebaran Covid-19. Pasalnya, sebelumnya jalur sepeda menjadi satu kesatuan dengan pejalan kaki. Hal itu pastinya rentan terhadap penularan Covid-19. 

"Maka untuk mengurangi penyebaran di antara pesepeda dan pejalan kaki, maka di koridor Sudirman -Thamrin kami pisahkan jalur sementara. Untuk pesepeda berada di jalur lalin dengan jalur sepeda sementara," kata dia. 

Dengan begitu, lalu lintas antara pengguna sepeda dan pejalan kaki tidak bercampur atau tetap menerapkan jarak aman, guna menghindari penularan Covid-19. 

Syafrin menyebut, akan terus melakukan evaluasi kebijakan yang telah dibuatnya tersebut. Lebih jauh, dia akan melaporkan hasil evaluasinya kepada Gugus Tugas DKI Jakarta. 

Sponsored

"Tentu setiap hari kami laporkan kepada ketua Gugus Tugas terkait seluruh pelaksanaan atau evaluasi hasil pelaksanaan kebijakan transportasi. Termasuk di dalamnya pelaksanaan penyediaan jalur sepeda sementara di Sudirman-Thamrin," katanya. 

Syafrin menambahkan akan tetap membuka jalur sepeda sementara itu pada Sabtu dan Minggu. Hanya saja tak seperti hari biasa, jalur itu dibuka untuk pagi pada jam 6.00-10.00 WIB. 

"Di Bundaran HI terjadi peningkatan penggunaan sepeda, maka sore harinya kita buka kembali dari jam 16.00-19.00 WIB," ujar dia.
 

Berita Lainnya