sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Journey of Wonder terkenal karena konten

Kanal YouTube Journey of Wonder ini terkenal karena kontennya berisikan catatan perjalanan mengelilingi 35 negara selama hampir satu tahun.

Silvia Ng
Silvia Ng Rabu, 13 Okt 2021 16:22 WIB
Journey of Wonder terkenal karena konten

Di era kemajuan teknologi internet saat ini, membawa banyak sekali peluang dalam membuat konten. Apa saja yang kita lakukan bahkan dapat dengan mudahnya menjadi konten di media sosial. Salah satu yang sedang populer adalah travel vlogger atau membuat konten petualangan atau perjalanan.

Journey of Wonder Iyel Koudijs mengatakan, petualangan merupakan hobinya sejak masih muda, dan kebetulan hingga saat ini hobi itu terus berlanjut karena mendapatkan pasangan yang mempunyai kegemaran yang sama.
Kanal YouTube Journey of Wonder ini terkenal karena kontennya yang berisikan catatan perjalanan mengelilingi 35 negara selama hampir satu tahun penuh menggunakan mobil, bersama 18 orang.

Sebelumnya, Iyel belum pernah mengunggah perjalanan petualangannya ke media sosial. Namun, pada saat mempersiapkan perjalanan panjang selama hampir satu tahun pada pertengahan 2018, teman-temannya mendukung untuk membuat konten di media sosial.

“Teman-teman kami mengatakan, sayang sekali kalau perjalanan ini tidak diunggah di sosial media, jadi teman-teman kami itulah yang mendukung dan mengajarkan kami untuk melakukan itu, karena kan memang sebelumnya kami tidak pernah melakukan itu,” katanya dalam webinar Katadata, Selasa (12/10).

Iyel mengungkapkan, pada awal mencoba membuat konten perjalanan, sangat sulit baginya untuk menyelaraskan waktu perjalanan dengan mengunggah konten tentang apa yang dilakukan di perjalanan.

Tak hanya sulit menyelaraskan waktu, Iyel pun mengaku menghadapi kesulitan terbesar dalam menyimpan data yang begitu besar ukurannya. Selain itu, signal yang sulit ditemukan pun menjadi tantangan tersendiri dalam menunggah konten ke sosial media.

Hal penting untuk membuat konten di luar negeri
Iyel mengatakan, dalam membuat konten di media sosial penting untuk seorang konten kreator memahami konten yang disukai oleh pengikutnya (followers). Berdasarkan risetnya, pengikut Journey of Wonder menyukai konten-konten di negara yang unik, seperti Iran, Maroko, ataupun Pakistan.

“Kebetulan, di kami (Journey of Wonder), kebetulan mereka sukanya negara-negara yang unik, kalau kami naikkan (konten) negara yang umum, kayak Austria, kayaknya impact-nya gak bisa,” tuturnya.

Sponsored

Kemudian, juga penting untuk memikirkan untuk melakukan riset terhadap penyedia layanan kartu data yang terbaik di negara tujuan. Hal ini berpengaruh sangat besar, karena kita perlu mengunggah konten dengan signal yang kuat pula.

Sebelumnya, Iyel sudah melakukan perjalanan yang off-the-record atau tidak dijadikan konten ke beberapa negara lainnya. Oleh karena itu, kalau dihitung, jumlah negara yang pernah dikunjunginya sudah lebih banyak jumlahnya daripada yang dijadikan konten sebanyak 35 negara di kanal YouTube Journey of Wonder.

Menurutnya, selama melakukan petualangan lebih dari 35 negara di dunia, setiap negara memiliki keunikannya masing-masing. Seperti halnya Indonesia, yang tiap provinsi memiliki sisi menariknya, yang tak dapat ditemui di provinsi lainnya.
 

Berita Lainnya
×
tekid