sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Lebaran telah lewat, yuk atur kembali keuangan kita!

Meski lebaran tahun ini sudah lewat, kita tidak bisa mengabaikan penataan keuangan.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Senin, 17 Mei 2021 10:03 WIB
Lebaran telah lewat, yuk atur kembali keuangan kita!

Lebaran sudah lewat! Kini saatnya kembali mengatur keuangan agar kembali sehat! Ada sejumlah hal yang perlu kita introspeksi ketika mulai menata keuangan pascalebaran.

Meski lebaran tahun ini sudah lewat, kita tidak bisa mengabaikan penataan keuangan, karena bisa saja hal tersebut terjadi kembali tahun depan dan menyebabkan kita harus menata kembali keuangan pascalebaran.

Bersama Investment Specialis PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Dimas Ardhinugraha, berbagi tips untuk mengatur kembali keuangan pascalebaran.

- Pahami hakekat Ramadan/lebaran
Bulan Ramadan yang diakhiri dengan lebaran, merupajan momen bagi umat Islam untuk merefleksikan diri mengasah empati dan berbagi kebaikan dengan sesama. Namun yang terjadi malah berperilaku konsumtif, tak terkecuali di masa pandemi ini.

Seringkali keinginan lebih besar dari kebutuhan dan melebihi daya beli, sehingga berujung kepada utang. Jika sudah terjadi, segera introspeksi. Jadikan pembelajaran bagi kita untuk dikemudian hari.

- Belanja secara cerdas
Meski di masa pandemi seperti ini, tradisi saat lebaran tidak banyak berubah. Keinginan untuk berbelanja seperti bentuk pakaian, kue-kue ringan masih kita lakukan. Saatnya memilah mana yang dibutuhkan, mana yang hanya keinginan sementara. Lihat juga pembelian barang ini bisa ditunda atau tidak.

Untuk itu, usahakan setiap pembelanjaan menggunakan uang tunai atau kartu debit, paling tidak untuk sementara waktu. Hindari penggunaan kartu kredit yang berlebih. Ingat, kartu kredit adalah utang.

- Perketat pengeluaran
Buat catatan keuangan untuk mengetahui pos-pos mana yang bisa dikeluarkan. Kita harus lebih ketat mengikuti catatan keuangan yang sudah dibuat. Ini adalah konsekuensi dari gaya hidup konsumtif kita selama lebaran dan kita harus siap untuk lebih disiplin hingga paling tidak kondisi keuangan sudah mulai sehat.

Sponsored

Saat menerima penghasilan bulanan, alokasikan untuk pembayaran utang dan mencadangkan bagi keperluan tak terduga. Ketika kondisi keuangan sudah sehat, sebagian dari pendapatan untuk diinvestasikan. 

Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

Sabtu, 12 Jun 2021 08:10 WIB
Pilu di balik pembatalan ibadah haji

Pilu di balik pembatalan ibadah haji

Jumat, 11 Jun 2021 07:19 WIB
Berita Lainnya