sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Manfaat cuka sari apel untuk rambut

Selain mengatasi penghambat pertumbuhan rambut, cuka sari apel mampu mencegah ketombe dan menyehatkan kulit kepala.

Cindy Victoria Dhirmanto
Cindy Victoria Dhirmanto Rabu, 30 Sep 2020 19:25 WIB
Manfaat cuka sari apel untuk rambut
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 410.088
Dirawat 58.418
Meninggal 13.869
Sembuh 337.801

Banyak perempuan ingin memiliki rambut panjang, indah, dan kuat karena menjadi faktor penting dalam menentukan penampilan.

Perubahan pada rambut akan memberikan penampilan yang menyegarkan. Banyak yang bermimpi memiliki rambut sehat dan berkilau, tetapi tidaklah mudah.

Beberapa faktor penghambat memengaruhinya. Polusi, paparan sinar matahari (UV), gaya hidup, dan kurangnya perawatan yang tepat dapat membuat Anda memiliki masalah, seperti ketombe dan kulit kepala tidak sehat. Masalah–masalah tersebut akan menyebabkan kerontokan dan pertumbuhan rambut terhambat.

Cuka sari apel menjadi solusi efektif untuk masalah pertumbuhan rambut karena mampu menghilangkan faktor penghambat berupa penumpukan di kulit kepala yang mengakibatkan akar rambut (folikel) sukar tumbuh.

Melansir boldsky, cuka sari apel berkhasiat menyeimbangkan pH, menyegarkan, dan membersihkan kulit kepala, sehingga menghilangkan penumpukan.

Sifat antibakteri yang dimiliki cuka sari apel juga membantu melawan bakteri penyebab dan mencegah penyebaran ketombe, faktor penghambat pertumbuhan rambut lainnya.

Selain itu, kandungan asam sitrat dalam cuka sari apel yang bersifat antioksidan mampu menargetkan stress oksidatif dan radikal bebas meningkatkan kesehatan kulit kepala.

Kemudian asam malam yang bersifat antiseptik akan menyembuhkan kulit kepala dan mencegah kemungkinan terkena infeksi.

Sponsored

Ada beberapa tahapan pemakaian cuka sari apel untuk kepala, yakni:
1. Bilas menggunakan cuka sari apel
Membilas menggunakan cuka sari apel merupakan salah satu cara yang paling popular untuk mendapatkan manfaat dari cuka sari apel tersebut.

Mulanya, sediakan 4 sendok makan cuka sari apel dan 2 cangkir air. Kemudian, encerkan cuka sari apel dengan menambahkan air di dalamnya.

Setelah selesai keramas, bilas kulit kepala dan rambut dengan larutan cuka sari apel dan biar selama satu menit. Selanjutnya bilas hingga bersih.

2. Campuran sampo cuka sari apel
Menambahkan cuka sari apel ke sampo yang biasa Anda gunakan pun akan membersihkan kulit kepala secara mendalam dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Dibutuhkan sampo sesuai kebutuhan dan 1/2 sendok teh cuka sari apel sebelum perawatan dimulai. Untuk penggunaannya, pertama-tama dengan membasahi rambut dan menambahkan cuka sari apel ke sampo. Kemudian, dioleskan ke seluruh rambut dan pijat kulit kepala selama 5 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih.

3. Cuka sari apel, pisang, dan minyak pohon teh
Ini adalah obat kuat yang ideal, bahkan untuk jenis rambut membandel karena pisang berfungsi sebagai kondisioner untuk melindungi rambut dari kerusakan lebih lanjut.

Kalium, minyak alami, dan vitamin yang terkandung dalam pisang juga membantu meningkatkan elastisitas kulit, sehingga mencegah kerusakan rambut.

Sementara itu, minyak pohon teh memiliki sifat antibakteri yang mampu mengangkat bakteri dan penumpukan berlebih dari kulit kepala dan membersihkannya secara menyeluruh untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Terapi ini membutuhkan sekitar 1/2 sendok teh cuka sari apel, 1 pisang matang, dan 4-5 tetes minyak pohon teh. 

Untuk penggunaannya, haluskan pisang menjadi bubur dalam mangkuk dan tambahkan cuka sari apel serta minyak pohon teh ke dalamnya. Lalu aduk rata hingga menjadi pasta halus dan bebas gumpalan.

Kemudian, oleskan ke seluruh bagian rambut dan biarkan selama 30 menit. Jika telah selesai, bilas hingga bersih menggunakan air hangat dan sampo ringan.

Berita Lainnya