logo alinea.id logo alinea.id

Manfaat pisang di jeda pertandingan Jonatan Christie

Kebiasaan atlet mengonsumsi pisang karena manfaatnya memberi asupan stamina.

Robertus Rony Setiawan
Robertus Rony Setiawan Sabtu, 24 Agst 2019 07:46 WIB
Manfaat pisang di jeda pertandingan Jonatan Christie

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie mencuri perhatian publik saat pertandingan babak ketiga Kejuaraan Dunia 2019 menghadapi wakil Denmark, Jan O Jorgensen, Kamis (22/8) lalu. 

Di masa jeda antara set pertama dan kedua, Jonathan atau memanfaatkan waktu tidak hanya sekadar meminum air putih tetapi juga makan buah pisang. Pemandangan tersebut amat kontras dengan kebiasaan pemain bulutangkis lainnya yang pada umumnya hanya minum air dan mengelap keringat.

Pilihan Jojo memilih pisang tentu bukan tanpa alasan. Rupanya buah pisang ternyata juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Yakni: 70 gram air, 1,2 gram protein, 0,3 gram lipid, 27 gram karbohidrat, 400 mg kalium (Espino et al., 1992), dan 20 mg asam askorbat (vitamin C). 

Artikel yang ditulis oleh Slamet Prayogi, Fitmawati, dan Nery Sofiyantiinositol dalam Jurnal Biologi Papua, Oktober 2016 pun dijelaskan tingginya kandungan zat mineral lain dalam pisang, yaitu 0,1 mg ß- karoten (vitamin A), 10 µg asam folat, serta sejumlah zat penting lain seperti thiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), piridoksin (vitamin B6), niacin, asam pantotenat, dan inositol.

Maka, tidak salah bila Jojo menyempatkan konsumsi buah pisang saat jeda istirahat setelah set pertama. Walhasil saat memasuki set kedua, Jojo berhasil melibas Jorgensen dengan skor akhir 21-12, 21-16.

Anto Budianto, seorang atlet equestrian ketika dihubungi Alinea.id mengungkapkan kebiasaan sebagian atlet dalam mengonsumsi pisang. Pisang bermanfaat memberi asupan stamina yang menentukan bagi cadangan stamina atlet saat bertanding. 

Sebab salah satu kunci bagi atlet untuk menuntaskan pertandingan olahraga ialah kekuatan dan daya tahan stamina.

"Biasanya kan kalau olahraga yang banyak melakukan gerak fisik bikin ngos-ngosan. Dengan makan pisang, bisa menahan rasa haus. Durasi stamina juga jadi lebih lama," kata Anto. 

Sponsored

Tidak hanya itu, pisang juga cukup mudah dan efisien untuk dikonsumsi sehingga tak merepotkan bagi atlet. Seperti ditunjukkan Jojo dalam pertandingan itu, pisang sepertinya boleh dicoba untuk meningkatkan daya tahan dan stamina tubuh Anda saat beraktivitas cukup berat dan padat.