sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mengenal Covid-19 di Indonesia dan mutasi virusnya

Covid-19 yang kini menyelimuti Indonesia, berbeda dengan Covid-19 di Wuhan dan belum bermutasi menjadi virus yang lebih ganas.

Firda Cynthia
Firda Cynthia Kamis, 18 Jun 2020 13:59 WIB
Mengenal Covid-19 di Indonesia dan mutasi virusnya
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 66226
Dirawat 31798
Meninggal 3309
Sembuh 30785

Covid-19 merupakan suatu virus yang memiliki banyak gen. Gen tersebut terbagi menjadi dua, yaitu protein struktural dan protein nonstruktural/accessory

Ahli Virologi Universitas Udayana I Gusti Ngurah Kade Mahardika, menjelaskan jika belajar dari MERS dan SARS pada 2003, dapat diketahui kalau ganasnya sebuah virus ditentukan oleh protein tersebut.

Pada perkembangannya virus Covid-19 di seluruh dunia termasuk di Indonesia, ada yang persis dengan di Wuhan dan walaupun tidak banyak, ada juga yang berbeda. 

"Di Indonesia tidak mengalami subsitusi receptor binding site. Kalau berubah pada receptor binding site, bisa jadi virus itu lebih ganas. Antibodi tidak berperan. Vaksin mungkin kehilangan khasiatnya," katanya dalam konferensi pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di kantor Graha BNPB pada Kamis (18/6).

Maksudnya, coronavirus di Indonesia mengalami perubahan reseptor tetapi tidak pada binding sitenya. Selain itu, berdasarkan data yang dimiliki peneliti, coronavirus di Indonesia tidak unik karena belum bermutasi. Jadi kandidat vaksin dari negara manapun diperkirakan mampu menangkal virus ini

Agar tak bermutasi, maka diperlukan kerja samanya agar virus tersebut tidak sampai masuk ke tubuh manusia. Salah satunya dengan menerapkan protokol aman Covid-19. 

Orang yang sudah terpapar Covid-19 harus berusaha untuk tidak menulari orang lain, sementara yang belum tertular jangan sampai tertular oleh orang lain.

“Virus baru bisa bermutasi setelah masuk ke tubuh manusia,” katanya.

Sponsored
Serba bisa BIN di panggung corona 

Serba bisa BIN di panggung corona 

Selasa, 07 Jul 2020 06:01 WIB
Berharap vaksin dengan anggaran mini

Berharap vaksin dengan anggaran mini

Senin, 06 Jul 2020 19:00 WIB
Berita Lainnya