logo alinea.id logo alinea.id

Si Juki jalan-jalan ke klub sepak bola di Spanyol

Faza saat ini sedang mengunjungi berbagai klub La Liga, di antaranya FC Barcelona, Eibar, Leganes, Espanyol, dan Real Sociedad.

Fandy Hutari Minggu, 16 Des 2018 00:00 WIB
Si Juki jalan-jalan ke klub sepak bola di Spanyol

Karakter fiksi karya Faza Meonk, Si Juki, kini melebarkan sayap ke dunia sepak bola lewat kerja sama dengan liga utama Spanyol La Liga.

Faza saat ini sedang mengunjungi berbagai klub La Liga, di antaranya FC Barcelona, Eibar, Leganes, Espanyol, dan Real Sociedad. Selama dua pekan, Faza mengunjungi kota-kota di Spanyol bersama Si Juki, yang juga diperlihatkannya melalui foto-foto di akun media sosial karakter tersebut.

"Aku sedang riset di Spanyol, akan ke hampir seluruh klub di sini," ujar Faza, Jumat (14/12).

Hasil risetnya akan digodok menjadi berbagai karya, salah satunya komik. Tema sepak bola bukan hal baru untuk Si Juki. Sebelumnya, Faza sudah pernah menerbitkan komik Bacotan Bola Si Juki dan seri Keroyokan yang mengangkat tema soal sepak bola.

Baru-baru ini, Si Juki bekerja sama dengan Kemenko Bidang Kemaritiman membuat komik Seri Jalan-Jalan Nusantara untuk mempromosikan tujuan wisata tanah air.

Berdasarkan data dari Elex Media Komputindo yang menerbitkan beberapa judul komik Faza Meonk, termasuk Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara: Petualangan Labuan Bajo-Flores, Si Juki menduduki peringkat pertama dari segi penjualan komik lokal.

"Sejak 2017 hingga sekarang, keseluruhan judul Si Juki sudah terjual lebih dari 100.000 eksemplar. Itu termasuk sangat laris," kata Product Specialist Elex Media Komputindo Tabita Murti, Jumat (14/12).

Tabita mengatakan, judul yang paling banyak diminati adalah Si Juki: Lika-liku Anak Kos dan Si Juki Seri Jalan-Jalan: Petualangan di Korea, di mana karakter tersebut tampil bersama karakter Larva dari Negeri Ginseng.

Tak hanya tampil dalam bentuk komik, karakter lelaki tengil ini juga sudah diadaptasi ke dalam film layar lebar Si Juki The Movie, yang baru menyabet penghargaan Film Animasi Terbaik di Festival Film Indonesia 2018. (Ant).