sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tren sunburn blush: Dari negeri sakura ke kulit tropis Indonesia

Sunburn blush make up adalah teknik mengaplikasikan blush on di kedua pipi atau tepat di bawah mata, lalu menyambung lewat hidung. 

Laila Ramdhini
Laila Ramdhini Rabu, 05 Sep 2018 10:26 WIB
Tren sunburn blush: Dari negeri sakura ke kulit tropis Indonesia
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 63749
Dirawat 30834
Meninggal 3171
Sembuh 29105

Tren kecantikan silih berganti dan berkembang seiring dengan pengaruh budaya dalam dan luar negeri. Dalam beberapa tahun ke belakang hingga kini, riasan wajah dengan memakai blush on warna cerah di pelipis kembali digandrungi. 

Teknik merias wajah dengan blush on yang sedang populer yakni sunburn blush atau make up demam. Disebut demikian karena warna blush on yang dipilih biasanya gradasi dari merah. Sehingga, efek yang ditimbulkan tampak seperti terbakar sinar matahari atau orang terserang demam.

Sunburn blush makeup merupakan satu teknik mengaplikasikan blush on di kedua pipi atau tepat di bawah mata, lalu menyambung lewat hidung. Tren ini konon lahir di Jepang, dengan sebutan me no shita chiiku, yang artinya di bawah mata. Jadi riasan tersebut hanya fokus pada area bawah mata dan di atas tulang pipi.

Teknik demam berkiblat pada dandanan geisha dan pemain kabuki di Jepang. Namun, sekarang me no shita chiiku juga terinspirasi anime Jepang yang sangat populer. Dalam anime, pipi gadis anime digambarkan sebagai lingkaran oval berwarna merah muda tepat di bawah mata. Kesan cute, innocent, dan youthful akan tampil bersamaan dengan rona merah yang bersemu di bawah mata. 

Ada juga yang menyebut tren pakai blush on di bawah mata ini sebagai ‘make up mabuk’ atau ‘make up nyebrang’ (karena blush on menyeberangi hidung). Sebetulnya, gaya make up seperti ini pernah diperkenalkan awal 90-an oleh model Kate Moss, yang menggunakan gaya heroin chic, atau tampilan make up pucat dan lingkaran hitam di bawah mata seperti orang yang tengah mabuk heroin.

Untuk yang punya pipi chubby, blush on dengan teknik ini dapat membuat tampilan wajah lebih segar dan muda. Sementara untuk si kulit tan (gelap), tampilan ini akan terlihat alami seperti terbakar matahari. Jika ingin terlihat lebih cute lagi, boleh juga ditambahi fake freckles.  

Di Indonesia, beberapa artis juga sempat tampil dengan sunburn blush make up, di antaranya Bunga Citra Lestari dan Dian Sastro. Sebelumnya, Agnes Monica dan Dewi Persik sudah mempopulerkannya terlebih dahulu. Beberapa make up artist juga sering mendapat permintaan untuk mengaplikasikan teknik make up tersebut.

Make up artist profesional Bubah Alfian mengaku sering mengaplikasikan teknik sunburn blush make up kepada kliennya. Bubah yang biasa merias artis papan atas seperti Bunga Cita Lestari, Cinta Laura, Raline Shah, Velove Vexia, sampai Raisa menyebut sunburn blush make up sebagai cara merias wajah yang natural tapi terlihat seksi. Make up ini, kata Bubah, sangat cocok untuk kulit wanita Indonesia.

Sponsored

“Sekilas memang aneh, tapi kalau bisa melakukannya dengan baik, blush on yang disapu dari pinggir sampai hidung dan menyambung lagi ini sangat seksi,” kata Bubah saat dihubungi Alinea, Senin (3/9).

Make up jenis ini meniru para perempuan di Jepang yang mencitrakan diri sebagai figur yang cute, innocent, dan muda./ Pinterest

Brand ambassador Nivea ini juga mengatakan tren sunburn blush make up sudah menjangkiti Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Hingga sekarang, teknik make up itu masih digandrungi para beauty blogger, make up enthusiast, sampai masyarakat umum.  

“Sebenarnya ini sudah beberapa tahun. Dulu yang pakai Agnes Monica dan Dewi Persik. Biasanya warna (blush on) yang dipakai itu pink dan peach. Makin ke sini banyak deh yang pakai. Bahkan merek ternama juga ada yang luncurin make up sunburn series,” katanya.

Teknik sunburn blush ala Bubah Alfian

Bubah menyebut sunburn blush make up ini juga sangat cocok dengan karakter kulit wanita Indonesia yang berwarna sawo matang. Namun demikian, diperlukan kecermatan dalam memilih jenis make up yang dipakai serta cara mengaplikasikannya. Berikut tips merias dengan sunburn blush dari Bubah.

1.    Pilih foundation yang sesuai dengan warna kulit. Aplikasikan secara merata ke semua bagian wajah.
2.    Jika ingin menggunakan bedak, pilihlah bedak tabur (loose powder) yang ringan. Jangan pakai bedak padat (compact atau pressed powder). 
3.    Setelah selesai dengan riasan mata, mulailah memilih warna blush on yang diinginkan dan sesuai dengan warna kulit. 
4.    Pilih juga kuas wajah yang  sesuai, biasanya berbentuk pipih dengan ujung sapu mengembang.
5.    Pegang ujung brush agar tidak menekan ke wajah. Aplikasikan blush on dengan memulas brush agak mengambang dari kulit wajah.
6.    Mulai aplikasikan blush dari pipi kiri dan kanan, kemudian baurkan hingga bertemu di area hidung. Pastikan membaurkannya dengan baik. Jika warna dirasa kurang intens, sapukan lagi blush on secara tipis hingga mendapatkan warna yang diinginkan.
7.    Terakhir, gunakan setting spray yang disemprot dari jauh agar make up tahan lama.
8.    Sebagai catatan, Bubah tidak merekomendasikan penggunaan bedak. Untuk gantinya, cukup gunakan foundation. Ini untuk mendapat hasil akhir blush on yang menyatu dengan baik di kulit wajah dan memancarkan efek basah.

Merias dengan sunburn blush juga harus memperhatikan bentuk wajah. Berikut tips dilansir dari Beautynesia untuk berbagai tipe wajah.

•    Wajah oval, cukup mengaplikasikan blush on melingkar saja di bawah mata.
•    Wajah bulat, kamu perlu membuat tampilan tirus dan tajam agar rona merahnya tidak membuat kesan wajah kamu semakin bulat. Aplikasikan blush on dari bagian atas tulang pipi ke dekat pelipis secara meruncing ke atas.
•    Wajah lonjong, fokuskan blush on di bagian tengah bawah mata secara melingkar agar wajahmu tidak tampak semakin panjang.
•    Wajah segitiga, lembutkan bagian yang tajam dengan cara mengapliaksikan blush on berupa lingkaran di atas tulang pipi.
•    Wajah persegi, gunakan teknik shading agar wajah tidak tampak lebar. Aplikasikan blush on di atas tulang pipi secara melingkar ke arah telinga kamu, lalu gunakan teknik shading di area pelipis dan garis rahang.
•    Tips lain untuk tren pakai blush on di bawah mata adalah mengaplikasikan blush on tipis-tipis saja terlebih dahulu. Jangan langsung tebal supaya tidak terlihat menor.

Berita Lainnya