sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jalan baiat pengungsi Sampang

Ratusan pengungsi Syiah yang tinggal di Rusun Puspa Agro, Sidoarjo, Jawa Timur, dibaiat menjadi Suni pada 5 November lalu.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Selasa, 17 Nov 2020 17:52 WIB
Jalan baiat pengungsi Sampang
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 502.110
Dirawat 63.722
Meninggal 16.002
Sembuh 422.386

Ratusan pengungsi Syiah yang tinggal di Rusun Puspa Agro, Sidoarjo, Jawa Timur, dibaiat menjadi Suni pada 5 November lalu. Opsi pembaiatan dipilih para pengungsi yang dipimpin Tajul Muluk itu dengan harapan mereka bisa segera pulang ke kampung halaman. 

Tenaga Ahli Utama Bidang Politik, Hukum, Keamanan dan HAM KSP Rumadi Ahmad mengakui bahwa pembaiatan tidak akan memuaskan semua pihak dan potensial menghadirkan preseden buruk dalam penyelesaian konflik agama. Namun demikian, ia berharap pembaiatan pengungsi Syiah membuka pintu rekonsiliasi.

"Perlu dipahami bahwa konflik semacam ini tidak mudah untuk diselesaikan. Ini sangat-sangat sulit untuk diselesaikan. Proses ini sangat panjang dan berdarah-darah," ujar dia kepada Alinea.id, Kamis (12/11).

Kepada Tajul Muluk dan pengikutnya, Rumadi menyarankan agar mereka menjalin komunikasi dengan warga dan kelompok ulama di Sampang. "Tapi, ini harus pelan-pelan, agar proses rekonsiliasi yang sudah terbuka berjalan secara natural," ujarnya.

Sponsored

Infografik Alinea.id/Bagus Priyo

Menjinakkan La Nina demi ketahanan pangan

Menjinakkan La Nina demi ketahanan pangan

Senin, 23 Nov 2020 16:42 WIB
Efek domino kekerasan perempuan berbasis online

Efek domino kekerasan perempuan berbasis online

Minggu, 22 Nov 2020 14:48 WIB
Berita Lainnya