sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kelebihan dan kekurangan mobil listrik

Mobil listrik disebut-sebut bisa mengurangi pencemaran udara. Namun, ada beberapa kekurangan dibandingkan kendaraan dengan BBM.

Soraya Novika
Soraya Novika Selasa, 20 Agst 2019 10:28 WIB
Kelebihan dan kekurangan mobil listrik
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 282724
Dirawat 61686
Meninggal 10601
Sembuh 210437

Pengamat kebijakan publik sekaligus salah seorang tim perumus perpres kendaraan berbasis listrik, Agus Pambagio mengatakan, alasan utama yang membuat aturan ini mengalami hambatan karena Kementerian Perindustrian sempat menolak susunan aturannya.

"Waktu pembahasan ada dua tawaran electric vehicle atau electrify (hybrid). Kemenperin maunya hybrid dan hidrogen," ujar Agus saat dihubungi Alinea.id, Senin (19/8).

Menurut Agus, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menilai Indonesia belum cukup siap dengan basis mobil mengandalkan listrik saja. Hingga aturan ini sempat mandek.

Opsi perpindahalihan motor penggerak regulasi dari Kemenperin kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pun disebut Agus, sempat mencuat. Dia pun menuturkan, ada perebutan kepentingan dari dua negara di balik perumusan aturan mengenai kendaraan listrik.

"Ada Jepang dan China. China kan kita tahu andal dalam merakit kendaraan listrik, sedangkan Jepang lebih kepada kendaraan hybrid. Ini sempat membuat gamang, mau mencontoh dan menarik investasi yang mana," ucapnya.

Mobil listrik ada kelebih dan kekurangannya. Alinea.id/Oky Diaz.

Sponsored
Harga rumah mewah kian murah

Harga rumah mewah kian murah

Senin, 28 Sep 2020 15:10 WIB
Rapid test, demi kesehatan atau cuan?  

Rapid test, demi kesehatan atau cuan?  

Minggu, 27 Sep 2020 17:55 WIB
Berita Lainnya