sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Perjalanan aplikasi TikTok yang fantastis

Aplikasi TikTok menjadi salah satu media sosial dengan pertumbuhan pengguna yang sangat pesat.

Kartika Runiasari
Kartika Runiasari Kamis, 09 Feb 2023 10:21 WIB
Perjalanan aplikasi TikTok yang fantastis

Aplikasi TikTok telah menjadi platform dengan konten yang beragam. Meski semula dikenal dengan konten joget atau dancing, pada 2021 aplikasi di bawah korporasi ByteDance ini mulai mengalami akselerasi. Baik dari pertumbuhan pengguna hingga variasi konten di tengah situasi pandemi.

“Riset menunjukkan selama lockdown masyarakat membuka aplikasi TikTok delapan kali dalam sehari, untuk menghilangkan rasa bosan dan konten mulai menarik pengguna. Variasi konten mulai beragam dari yang hiburan sekarang sudah jadi ‘palugada’ mulai dari informasi kesehatan, edukasi, informasi, hiburan, dan lain-lain,” kata CEO & Co-founder Corporate Innovation Asia Indrawan Nugroho dalam postingan kanal Youtubenya berjudul: “TikTok Akan Mendisrupsi Semua Industri. Begini Strateginya”. 

Selain konten hiburan dan informasi, TikTok nyatanya juga banyak dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis. Apalagi sejak kemunculan fitur TikTok Shop mulai April 2021 lalu. Hal ini turut dimanfaatkan Rizka Dilla (28) yang sudah membuat akun TikTok sejak tiga tahun lalu.

Alih-alih hanya menjadi fangirl bintang K-Pop, Dilla justru memanfaatkan akunnya untuk berjualan merchandise K-Pop sejak September 2022. “Bagi saya berjualan sebenarnya bukan hal baru tapi kalau untuk Tiktok Shop ini nekat aja, karena kan lihat kok semakin banyak yang jualan di Tiktok dan banyak yang berhasil,” katanya, kepada Alinea.id, Minggu (4/12).

Sponsored

Alinea.id mengulas dampak candu TikTok bagi penduduk dunia dalam artikel ini.

Ilustrasi Alinea.id/Aisya Kurnia.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid