sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Perluas jangkauan penjualan dengan Dilayani Tokopedia

UMKM sukses memperluas penjualan ke seluruh nusantara berkat Dilayani Tokopedia.

Kartika Runiasari
Kartika Runiasari Selasa, 21 Jun 2022 10:18 WIB
Perluas jangkauan penjualan dengan Dilayani Tokopedia

Associate Vice President of Fulfillment Tokopedia Samuel Simanjuntak mengatakan Tokopedia terus berupaya membantu pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, untuk memaksimalkan penjualan dan sukses di pasar nasional dengan gudang pintar Dilayani Tokopedia. Gudang ini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dan diharapkan bisa menggerakkan roda ekonomi daerah hingga nasional.

Dia memaparkan pengiriman barang terjauh di kuartal I-2022 melalui Dilayani Tokopedia adalah dari Kota Medan, Sumatera Utara ke Kabupaten Merauke, Papua. Selain itu, transaksi Dilayani Tokopedia secara keseluruhan pun meningkat lebih dari lima kali lipat pada kuartal I-2022 dibanding kuartal I-2021.

Adapun beberapa kategori dengan transaksi tertinggi lewat Dilayani Tokopedia pada kuartal I-2022 adalah Kesehatan, Perawatan Tubuh, Makanan dan Minuman, Ibu dan Bayi, serta Rumah Tangga. Dilayani Tokopedia juga merupakan salah satu wujud inisiatif Hyperlocal Tokopedia. Tujuannya untuk membantu penjual menangani tantangan operasional bisnis seperti penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan, serta penanganan jika ada kendala. 

Lokasi gudang pintar Dilayani Tokopedia yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, dan Palembang. “Jumlah gudang ini akan terus bertambah ke depannya. Kami catat tiga kota dengan aktivitas gudang tertinggi pada kuartal I-2022 adalah Jakarta, Surabaya, dan Bandung,” sebut Samuel.

Dampak bagi seller, lanjutnya, juga sangat terasa yakni transaksi rata-rata seller yang memakai Dilayani Tokopedia meningkat empat kali lipat. Bahkan ada seller yang mengalami kenaikan transaksi tertinggi yakni hingga 181 kali lipat.

“Pesanan diproses 14 jam lebih cepat dibanding sebelum gunakan layanan. Pengiriman barang tercepat 10 menit saja dari orderan masuk sampai ke tangan pembeli,” tambahnya.

Alinea.id mengulas kisah sukses seller Tokopedia yang berhasil memperluas jangkauan penjualan dengan layanan Dilayani Tokopedia dalam artikel ini.

Ilustrasi Alinea.id/M.T Fadillah.

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid