sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sepak terjang trah Amien Rais di PAN

PAN jadi kendaraan politik bagi putra dan putri Amien Rais menuju gedung DPR dan DPRD.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Kamis, 14 Mei 2020 13:19 WIB
Sepak terjang trah Amien Rais di PAN
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 64958
Dirawat 31798
Meninggal 3241
Sembuh 29919

Sebagai pendiri dan Ketua Umum PAN pertama, politikus senior Amien Rais hampir selalu punya posisi spesial di PAN. Selama bertahun-tahun, Amien selalu dianugerahi jabatan sebagai Ketua Dewan Kehormatan PAN. Restu Amien juga kerap menjadi penentu lolos atau tidaknya para calon ketum dari kongres ke kongres.  

Pengaruh Amien juga terlihat dari posisi-posisi strategis yang dipegang anak-anaknya di PAN. Hanafi Rais misalnya. Sebelum memutuskan mengundurkan diri, putra sulung Amien itu menduduki jabatan Ketua Fraksi PAN di DPR. Hanafi juga sudah dua periode berkantor di Senayan dengan memakai PAN sebagai kendaraan politik. 

Sebelumnya, adik Hanafi Mumtaz Rais juga pernah berkantor di Senayan. Pada periode 2009-2014, Mumtaz tercatat menjadi salah satu anggota legislatif termuda di Gedung DPR. Tentu saja, Mumtaz juga menggunakan PAN sebagai kendaraan. Kini, Mumtaz tercatat menjadi salah satu ketua DPP PAN. 

Langkah Hanafi dan Mumtaz terjun ke politik juga diikuti kedua adiknya, Hanum Salsabiela Rais dan Ahmad Baihaqy. Keduanya lolos menjadi anggota DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada periode 2019-2024. 

Sponsored

Putri Amien lainnya, Tazniem Fauzia Rais, lebih dikenal sebagai edukator. Meski begitu, sesekali Tazniem juga muncul ke ruang publik membela kepentingan PAN dan Amien Rais. Pada 2014 misalnya, ia mengirimkan surat terbuka yang isinya meminta Jokowi tak maju menjadi calon presiden. 

Belakangan tuah Amien di PAN meredup. Usai pecah kongsi dengan Ketum Zulkifli Hasan pada Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, Februari lalu, Amien tak lagi "spesial". Maret lalu, ia didepak dari jabatan Ketua Dewan Kehormatan PAN. 

Infografik Alinea.id/Oky Diaz

Berita Lainnya