sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Siap-siap harga sembako melambung jelang bulan puasa

Stok sejumlah komoditas pangan seperti bawang putih, daging, dan gula, lampu kuning menjelang Ramadan dan Lebaran.

Syah Deva Ammurabi
Syah Deva Ammurabi Senin, 09 Mar 2020 06:07 WIB
 Siap-siap harga sembako melambung jelang bulan puasa
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 392.934
Dirawat 61.851
Meninggal 13.411
Sembuh 317.672

Presiden Joko Widodo pada Rabu (4/3) meminta jajaran menteri dapat memastikan stok pangan mencukupi menjelang puasa Ramadan dan Lebaran. Apalagi, saat ini sudah terjadi kelangkaan pasokan pangan akibat wabah coronavirus dan sejumlah persoalan lain.

"Sebentar lagi kita dihadapkan pada puasa Ramadan. Sudah dekat dengan puasa, sehingga pasokan barang harus cukup. Jangan sampai membuat masyarakat khawatir. Masyarakat sudah khawatir soal corona, jangan sampai resah lagi," kata Jokowi.

Puasa dan Lebaran memang selalu menjadi masa-masa lonjakan konsumsi masyarakat. Akibatnya, harga pangan selalu saja terkerek terutama jika pasokan tidak mencukupi.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi menjelang Ramadan hingga lebaran selalu terungkit. Misalnya saja, inflasi Mei 2019 (Ramadan) sebesar 0,68%, lebih tinggi dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang hanya 0,44%. Bahkan, inflasi bahan pangan lebih tinggi lagi, yaitu sebesar 2,02%. 

Sponsored

Sejumlah harga komoditas pangan yang mulai merangkak naik adalah bawang putih, daging, dan gula. Kenaikan dipengaruhi akibat pasokan yang menipis.

Simak laporan selengkapnya di artikel berjudul "Pangan rawan jelang Ramadan dan Lebaran."

Infografik rawan pangan menjelang Ramadan dan Lebaran. Alinea.id/Hadi Tama

Berita Lainnya