sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bagaimana meningkatkan strategi humas agar 'layak muat'

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika membangun reputasi perusahaan secara efektif.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Jumat, 09 Sep 2022 19:45 WIB
Bagaimana meningkatkan strategi humas agar 'layak muat'

Hubungan masyarakat (PR) adalah kunci untuk strategi pemasaran dan komunikasi bisnis yang sukses. Ada banyak manfaat besar dari iklan berbayar, tetapi jika iklan berbayar kurang, humas menggantikannya. Humas menciptakan kepercayaan dan keandalan dengan konsumen, mengubahnya menjadi pelanggan setia. Sangat penting untuk memahami apa itu PR dan bagaimana dapat menjalankan kampanye yang efektif dengan harga terjangkau.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika membangun reputasi perusahaan secara efektif.

Apa itu PR?

Humas merupakan cara terbaik bagi perusahaan untuk terhubung dengan audiens target mereka. Menurut The Public Relations Society of America (PRSA), "Humas adalah proses komunikasi strategis yang membangun hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dan publiknya."

Dalam dunia humas saat ini, para spesialis fokus melakukan penelitian dan kampanye yang menargetkan media tradisional dan digital. Mereka bekerja untuk menciptakan dan memelihara hubungan simbiosis dengan pers untuk membantu menjadikan perusahaan sebagai sumber informasi yang berharga dan dapat diandalkan serta suara untuk diikuti di media sosial.

Di hadapan dunia digital, lebih penting dari sebelumnya bagi perusahaan untuk berkomunikasi dengan generasi muda melalui media sosial daripada bentuk media tradisional yang telah digunakan di masa lalu. Alih-alih mengirim siaran pers melalui email, perusahaan harus beradaptasi dengan ranah baru medsos dan menemukan cara kreatif untuk membagikan cerita dan produk mereka. Medsos memungkinkan setiap orang untuk menyampaikan keyakinan mereka kepada khalayak online yang luas; mengembangkan hubungan itu dengan audiens target sangat penting untuk menciptakan kesan abadi di internet.

Mengapa PR Penting?

Reputasi dapat melambungkan atau menghancurkan. Bagaimana orang lain melihat perusahaan, terutama audiens target, akan menentukan seberapa sukses perusahaan tersebut. Jika reputasi bisnis positif, kemungkinan besar bisnis itu akan memiliki peluang untuk berkembang. Pada saat yang sama, persepsi negatif tentang perusahaan kemungkinan besar akan menghasilkan lebih sedikit penjualan, lebih sedikit investor, dan lebih sedikit kesuksesan. Tujuan dari PR adalah untuk menciptakan dan mempertahankan reputasi itu.

Pentingnya humas tidak berhenti di situ, karena ini juga merupakan contoh yang sangat baik dari media yang diperoleh. Ini adalah saat bisnis diberikan liputan dalam sebuah cerita atau berita karena menjadi penting tanpa membayarnya. Bisnis harus cukup mengesankan untuk mendapatkan cakupan seperti itu berarti lebih dari sekadar iklan berbayar dan membangun kepercayaan dengan konsumen. Membangun hubungan yang solid dengan media terbukti sangat berharga bagi sebuah perusahaan.

Bagaimana menentukan apa yang layak diberitakan

Tidak peduli ukuran suatu bisnis, memperoleh liputan berita adalah mungkin. Ada banyak cara media memutuskan apa yang ingin mereka liput. Cara terbaik untuk benar-benar menentukan kelayakan berita adalah dengan mundur selangkah dan melihat bisnis secara objektif untuk memahami apa yang diyakini semua orang di luar tentang bisnis itu.

Berikut ini adalah daftar dari beberapa elemen yang membantu dalam membuat sebuah berita layak diberitakan:

Dampak. Sebuah cerita berdampak yang akan menjangkau banyak orang akan membantu menambahkan elemen kelayakan berita ke cerita tertentu. Tanyakan pada diri sendiri, apakah cerita ini berdampak langsung pada audiens?

Ketepatan waktu. Pastikan bahwa ceritanya tentang sesuatu yang terjadi baru-baru ini. Mereka memiliki kesempatan yang lebih baik untuk membuat berita tentang sesuatu yang terjadi tidak baru-baru ini.

Relevansi. Pastikan untuk memeriksa bahwa cerita tersebut relevan dengan audiens. Itu akan memberi cerita kesempatan yang lebih baik untuk menjadi terhubung dan dilihat oleh banyak orang.

Menonjol. Jika orang-orang terkemuka di dalam atau di luar perusahaan berinteraksi dengan perusahaan itu, orang-orang akan ingin membacanya.

Kedekatan. Semakin dekat suatu peristiwa terjadi dengan audiens yang dituju, semakin besar kemungkinan hal itu akan berdampak pada mereka.

Kebaruan. Ide dan informasi baru dan berbeda berjalan dengan baik. Cerita aneh dan sensasional yang menyimpang dari norma dengan cepat menarik perhatian pembaca.

Konflik atau Kontroversi. Editor umumnya menganggap konflik lebih layak diberitakan daripada perdamaian. Akan sangat menguntungkan suatu bisnis jika berfokus pada kabar baik.

Ketertarikan orang. Terhubung dengan audiens secara emosional sangat efektif untuk menarik perhatian pada sebuah cerita.

Ada topik yang dapat digunakan bisnis untuk mendapatkan cakupan yang sesuai dengan parameter ini. Contoh seperti tonggak penting, seseorang yang penting pensiun atau dipromosikan, produk baru, layanan, atau pembukaan lokasi baru adalah contoh yang bagus dari sudut untuk meliput yang sesuai dengan parameter yang layak diberitakan.

Apa yang bisa dilakukan bisnis kecil hari ini?

Meskipun PR yang baik tidak dapat dibeli, pekerjaan yang diperlukan untuk kampanye yang sukses bisa menjadi mahal. Untungnya, ada pilihan yang efisien dan terjangkau untuk mengembangkan reputasi perusahaan dan menciptakan hubungan.

Berbagi cerita. Tulis artikel khusus industri untuk blog perusahaan, LinkedIn, dan sumber online lainnya. Seni bercerita paling berharga dalam pemasaran saat ini. Publikasi membeli cerita, bukan produk. Bisnis akan mendapatkan daya tarik dan memberi perusahaan dengan liputan yang diinginkan melalui pembuatan cerita yang dapat dihubungkan dengan orang lain. Bahkan mengambil berita yang sudah ada dan menambahkan twist yang menarik dan relevan dapat menciptakan lebih banyak sorotan pers untuk perusahaan sebagai sumber berita tambahan. Menentukan tren saat ini juga bisa menjadi penting dalam membuat konten yang relevan. Medsos juga berguna untuk mendobrak tembok antara perusahaan dan publik. Buat tagar di medsos untuk mempromosikan cerita dan perusahaan.

Meskipun reputasi yang baik melalui humas mungkin bukan kekuatan pendorong utama aktivitas atau penjualan online, mempertahankan persepsi positif tentang perusahaan dapat sangat memengaruhi keberhasilan strategi pemasaran dan bisnis.(entrepreneur)

Berita Lainnya
×
tekid