close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Tayangan podcast DiplomASik, siniar Kedubes AS Jakarta. Foto Youtube
icon caption
Tayangan podcast DiplomASik, siniar Kedubes AS Jakarta. Foto Youtube
Media
Jumat, 10 Februari 2023 21:32

Kekuatan besar pers, tanggung jawabnya juga besar

Nick dan Mike tampil dalam podcast bertajuk DiplomASik, siniar Kedubes AS Jakarta.
swipe

Sekarang teknologi sudah semakin berkembang. Kita sudah masuk ke era digital. Bagaimana media atau jurnalis seharusnya bisa mengikuti perkembangan teknologi digital?

Pesan-pesan khusus dari staf Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia di Jakarta patut disimak bersama. Keduanya, Mike Quinlan, juru bicara Kedubes AS Jakarta dan Nick Geisinger, wakil atase pers.  

"Saya rasa di zaman sekarang, kita semua adalah pers. Kita semua ada kapasitas menerbitkan konten untuk globe, untuk dunia. Itu dapat dimengerti bahwa kita ada tanggung jawab besar. Seperti podcast (misalnya), yang menjadi hal baru," kata Nick.

Mike menimpali dengan kutipan kata-kata terkenal dari tokoh fiktif pahlawan super Spiderman: "Dengan kekuatan besar, ada tanggung jawab besar."

"Tapi, pada saat yang sama, jurnalisme dihadapkan ancaman serius seperti represi (tekanan), kekerasan, dan semuanya itu menantang kebebasan pers," sambungnya.

"Kita sebagai orang di pemerintah atau di masyarakat, di seluruh dunia, sebenarnya ada tanggung jawab melindungi pers juga. Baik di dunia maya maupun di dunia riil. Untuk melestarikan peran penting pers di masyarakat," tegasnya.

Pesan-pesan Nick dan Mike tadi boleh dihiraukan oleh jurnalis maupun calon-calon jurnalis mengenai bagaimana cara kita bisa tetap melestarikan media dan selalu menyampaikan fakta. Meskipun dunia teknologi digital sudah semakin jauh maju.  

Nick dan Mike tampil dalam podcast bertajuk DiplomASik, siniar Kedubes AS Jakarta, dipandu Wuri dalam Episode 1 – Media dan Jurnalisme ditayangkan U.S. Embassy Jakarta, Kamis (2/2).

Artikel ini ditulis oleh :

img
Arpan Rachman
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan