sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Media India andalkan Facebook Live saat peristiwa besar

Facebook Live telah muncul sebagai media interaksi penting bagi penerbit berita di India dalam berbagai acara berita besar.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Rabu, 01 Des 2021 11:28 WIB
Media India andalkan Facebook Live saat peristiwa besar

Tampilan Facebook Live untuk 20 laman Berita India teratas tumbuh 35 persen selama periode 10 bulan November 2020 hingga Agustus 2021.

Selama periode 2 bulan April dan Mei 2021, laman berita India melihat konsumsi yang tinggi karena peristiwa berita besar. Penayangan langsung di 20 laman teratas adalah 50 persen lebih tinggi pada bulan April dan Mei 2021 dibandingkan dengan penayangan rata-rata bulanan selama periode 10 bulan.

Dengan metodologi menggunakan CrowdTangle untuk memilih laman yang dikategorikan sebagai "Berita" dan mengatur lokasi administrator laman ke India, laman ini diurutkan menurut tayangan video langsung kumulatif yang diperoleh dari tahun sebelumnya, dan 20 laman teratas dipilih untuk analisis tingkat kelompok.

Observasi kunci menemukan bahwa video Facebook Live bekerja dengan sangat baik selama siklus puncak berita.

Penerbit semakin banyak menggunakan video Langsung untuk mendorong penayangan ke laman Facebook mereka. Antara November 2020 dan Agustus 2021, Live video berperforma sangat baik, mendorong 2,3 kali lebih banyak penayangan per video dibandingkan Video on Demand (VOD). Penayangan langsung sebagai persentase pangsa dari total penayangan video (VOD & Live) untuk kelompok terpilih tumbuh dari 40 persen pada November 2020 menjadi 50 persen pada Agustus 2021.

Popularitas Facebook Live untuk laman Berita memuncak pada jam tayang utama

Sebanyak 19 persen dari penayangan video langsung terjadi antara pukul 7 dan 11 malam waktu setempat. Periode waktu yang sama itu menyumbang 25 persen dari tayangan video 3 detik di antara kohort. Penayangan video rata-rata per video langsung selama periode ini adalah 34 persen lebih tinggi daripada selama sisa hari itu.

Siaran Facebook Live 10 hingga 20 menit mendorong penayangan tertinggi per video.

Sponsored

Facebook Live yang berlangsung antara 10 dan 20 menit menyumbang 29 persen dari volume video Live dan 35 persen dari tampilan video 3 detik. Rata-rata penayangan video per Video langsung yang berlangsung antara 10 dan 20 menit adalah 18 persen lebih tinggi dari rata-rata.

20 teratas News Pages pada siaran Live rata-rata 23 kali per hari pada Agustus 2021.

Laman berita India di Facebook terus meningkatkan jumlah video langsung yang mereka hasilkan setiap hari. Pada tahun 2021, kelompok yang dipilih ditayangkan rata-rata 21 kali per hari, naik dari 14 kali per hari pada tahun 2020. Sebagai perbandingan, 20 laman Berita India paling populer berikutnya ditayangkan hanya 14 kali per hari pada tahun 2021, sedikit naik dari 12 halaman video langsung per hari pada tahun 2020.

Kesimpulannya, Facebook Live telah muncul sebagai media interaksi penting bagi penerbit berita di India dalam berbagai acara berita besar — khususnya selama jam tayang utama televisi. Laman yang ditayangkan beberapa kali per hari dan untuk jangka waktu yang lebih lama (10-20 menit) mampu mendorong penayangan tertinggi untuk siarannya.(facebook.com)

Berita Lainnya
×
tekid