sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

30 orang diduga terkait teroris asal Palangkaraya dibawa ke Jakarta

Puluhan orang tersebut merupakan keluarga tersangka terorisme yang ditangkap di Palangkaraya berinisial T dan A.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Selasa, 25 Jun 2019 15:05 WIB
30 orang diduga terkait teroris asal Palangkaraya dibawa ke Jakarta

Polri memberangkatkan 30 anggota keluarga dua tersangka terorisme ke Jakarta untuk mengikuti program deradikalisasi. Puluhan orang tersebut merupakan keluarga tersangka terorisme yang ditangkap di Palangkaraya, Kalimantan Tengah berinisial T dan A.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengungkapkan mereka adalah istri, anak, dan adik tersangka. 

“Dari dua tersangka tersebut, dipilih ada 30 anggota keluarga, dari istri, anak, adik, mereka sudah terpapar paham terorisme ISIS,” kata Dedi di Humas Mabes Polri, Selasa (25/6).

Dedi menjelaskan 30 anggota keluarga terduga teroris tersebut diberangkatkan menggunakan satu bus melalui jalur darat dan laut. Seluruhnya telah berangkat pada Senin (24/6) kemarin.

Sponsored

Menurut Dedi, program deradikalisasi tidak dilakukan di Kalimantan Tengah lantaran tidak tersedia fasilitas yang cukup untuk jumlah peserta sebanyak itu. Oleh karenanya, Polri bekerja sama dengan instansi terkait untuk mengirim para keluarga tersangka terorisme ke Jakarta.

“Untuk mengikuti program deradikalisasi, Polri bekerja sama dengan BNPT dan kementerian terkait,” ucap Dedi.

Ditambahkan Dedi puluhan keluarga tersangka terorisme diberangkatkan melalui jalur Pangkalan Bun menuju Pontianak, kemudian singgah di Semarang dan sampai di Jakarta melalui Pelabuhan Tanjung Mas.