sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Aksi teroris berkelindan gerakan politik dan ormas

Mbai mengajak, masyarakat bersatu melawan gerakan radikalisme yang menyusup melalui ormas dan partai politik.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Rabu, 07 Apr 2021 16:29 WIB
Aksi teroris berkelindan gerakan politik dan ormas
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Gerakan radikalisme di tanah air menyusup melalui gerakan politik dan organisasi masyarakat. Demikian disampaikan, mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Anyaad Mbai.

Hal itu, diyakininya setelah melihat berbagai bukti dari penangkapan teroris oleh Polri.

"Terorisme hari ini, di negeri kita itu sudah berkelindan dengan gerakan politik melalui ormas atau mungkin partai politik yang sehari-hari ini mengusung paham radikalisme ini. Lihat saja, teriak-teriak di jalan pakai toa, bahkan televisi masih diberi corong. Di Kampus masih sering ceramah-ceramah ini pak," kata Mbai, dalam Alinea Forum bertajuk "Memperkuat Kontra Radikalisme," Rabu (7/4).

Atas dasar itu, Mbai mengajak, masyarakat untuk bersatu melawan gerakan radikalisme yang menyusup melalui ormas dan partai politik. Dia menilai, seluruh elemen perlu menutup ruang kegiatan ormas yang terafiliasi gerakan radikalisme tersebut.

Sponsored

"Jangan beri kesempatan mereka muncul, karena ini, yang kemudian menyebar sehingga orang makin tebal kebenciannya pada pemerintah sampai mau bunuh diri," katanya.

Mbai juga mendukung, aparat penegak hukum untuk menindak ormas yang terafiliasi dengan gerakan radikalisme. Dia meminta, Polri dan publik untuk tidak takut mrlawan ormas tersebut.

"Kita tidak boleh takut, kita tidak boleh terintimidasi, ya mereka katakan agama, agama kita semua. Kita semua muslim. kita tidak ingin agama kita dilabeli seperti ini, karena perbuatannya memang ada. Jadi, kita harus jadikan ini musuh bersama, mari kita bersatu melawan ini," tandas Mbai.

Berita Lainnya