sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

5 anggota Brimob terbukti lakukan kekerasan saat penggusuran Tamansari

Kelimanya dijatuhi hukuman 21 hari ditempatkan pada ruang khusus dan penundaan kenaikan pangkat satu periode.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Kamis, 26 Des 2019 11:35 WIB
5 anggota Brimob terbukti lakukan kekerasan saat penggusuran Tamansari
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 385.980
Dirawat 63.556
Meninggal 13.205
Sembuh 309.219

Tiga anggota Brimob Polda Jawa Barat dan dua anggota Brimob Polres Bandung terbukti melakukan kekerasan saat melakukan pengamanan penggusuran di Tamansari. Lima anggota tersebut bagian dari 62 anggota Brimob yang diperiksa.

“Dari 62 hanya lima yang terbukti melakukan pelanggaran disiplin melakukan kekerasan,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Barat Kombes Saptono saat dihubungi dari Jakarta, Kamis (26/12).

Saptoni mengatakan, kelimanya telah menjalani sidang etik pada 20 Desember 2019. Dari sidang tersebut ditentukan hukuman bagi kelimanya berupa penempatan di ruang khusus dan penundaan kenaikan pangkat selama satu periode.

“Pada 20 Desember sudah sidang etik. Hasilnya, kelima personel mendapatkan sanksi 21 hari ditempatkan pada tempat khusus dan penundaan kenaikan pangkat satu periode,” ujarnya.

Sponsored

Sebelumnya terjadi penggusuran di daerah Taman Sari, Bandung, Jawa Barat terjadi pada Kamis (12/12) terhadap 33 kepala keluarga di RT 11.

Kericuhan terjadi antarakelompok masyarakat penghuni setempat dengan Satpol PP dan aparat keamanan karena dianggap tidak ada empati saat penggusuran. Terjadi pelemparan batu antara masyarakat dengan aparat.

Berdasarkan video yang beredar di media sosial sejumlah orang mengalami luka atas kejadian tersebut. Upaya menangkap masyarakat yang melakukan perlawanan oleh aparat pun terjadi.

Berita Lainnya