sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bantu pelantikan Jokowi-Ma'ruf, Anies mengaku bersiap sebulan lalu

Pemprov DKI berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk membantu pelantikan Jokowi-Ma'ruf sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Kamis, 17 Okt 2019 15:45 WIB
Bantu pelantikan Jokowi-Ma'ruf, Anies mengaku bersiap sebulan lalu

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku pihaknya telah melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari, untuk membantu pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI. Persiapan dilakukan dengan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait. 

"Semua yang dibutuhkan sudah disiapkan, barangkali hampir dua bulan, satu bulan lebih. Kita bicarakan dengan pemerintah pusat, dengan jajaran Forkopimda (forum komunikasi pimpinan daerah). Semua kebutuhan kita siapkan," kata Anies di Jakarta, Kamis (17/10).

Anies tak merinci bentuk bantuan yang diperlukan, yang dipenuhi pihak Pemprov DKI. Namun ia menyebut, sejumlah fasilitas dan personel dikerahkan untuk menyukseskan pelantikan yang akan berlangsung pada 20 Oktober 2019. 

Anies menjelaskan, pihaknya memberikan dukungan terhadap pihak-pihak terkait, yang lebih berwenang terhadap acara kebangsaan ini. Dia mencontohkan pemberian bantuan kepada aparat kepolisian, yang diberikan Pemprov DKI atas permintaan Polri. 

Sponsored

Bentuk-bentuk bantuan yang kerap diberikan Pemprov DKI terhadap kegiatan dan acara yang dilakukan di Jakarta, di antaranya penyediaan toilet umum portable. Selain itu, penyediaan petugas dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan.

"Dalam setiap kegiatan-kegiatan itu, kami fungsinya adalah membantu pihak kepolisian. Jadi apa yang dibutuhkan pihak kepolisian, biasa mereka kirim surat. Mereka selalu minta," kata Anies menjelaskan.

Sejauh ini, Polri telah mengeluarkan larangan demonstrasi hingga pelantikan Jokowi-Ma'ruf pada 20 Oktober 2019. Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, pihaknya tidak melarang aksi unjuk rasa. Namun, kepolisian tidak akan mengeluarkan surat tanda terima pemberitahuan (STTP) aksi demonstrasi.

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid