sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BPJS Kesehatan Mojokerto tingkatkan mutu layanan JKN

BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto meluncurkan Implementasi Janji Layanan JKN tahun 2023, Rabu (12/4) siang.

Tim copywriter
Tim copywriter Rabu, 12 Apr 2023 22:15 WIB
BPJS Kesehatan Mojokerto tingkatkan mutu layanan JKN

Guna meningkatkan mutu layanan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto meluncurkan Implementasi Janji Layanan JKN tahun 2023, Rabu (12/4) siang. Peluncuran itu juga dilakukan untuk memberikan layanan digital bagi peserta dan menghadirkan layanan JKN yang semakin mudah, cepat dan pasti.

Bupati Ikfina yang hadir dalam peluncuran tersebut menyampaikan, transformasi digital merupakan sebuah keniscayaan yang tidak dapat dihindari. Sehingga dibutuhkan komitmen kuat dari pemerintah daerah serta yang terlibat dalam ekosistem JKN, baik itu BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan hingga peserta JKN.

"Ini harus dilakukan dengan sinergitas dan kolaborasi yang kuat. Karena ini jika dilaksanakan secara bersama, maka pelayanan yang diberikan kepada masyarakat semakin optimal,” terangnya.

Ikfina juga berharap pemberian pelayanan kesehatan ini terus dilakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Mengingat, kebutuhan kesehatan ini merupakan sesuatu kebutuhan yang paling fundamental bagi masyarakat.

"Terima kasih atas kinerja yang sudah dilakukan. Sehingga semua para pemberi faskes di Kabupaten Mojokerto bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat kita," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Mojokerto Elke Winasari menjelaskan, saat ini pihaknya mulai mengembangkan digitalisasi layanan ke semua aspek untuk memenuhi beragam kebutuhan stakeholders dalam ekosistem JKN. Tidak hanya terbatas pada antrean online saja, tetapi akan dikembangkan hingga pengajuan klaim rumah sakit. Bahkan, saat ini, pihaknya sudah berproses menuju elektronik farmasi untuk pelayanan obat.

“BPJS Kesehatan bersama dengan rumah sakit juga telah menerapkan perekaman sidik jari (fingerprint) dan elektronik Surat Eligibilitas Peserta (e-SEP). Selanjutnya, kami akan mendorong rumah sakit untuk mengimplementasikan electronic medical record, electronic claim hingga smart claim,” ujarnya.

Untuk menunjang pelayanan yang berkualitas, lanjut Elke, BPJS Kesehatan memberikan keleluasaan kepada rumah sakit untuk melakukan improvement. Inovasi rumah sakit nantinya akan disinkronkan dengan inovasi yang diluncurkan BPJS Kesehatan. Hal itu diharapkan dapat mempermudah pasien dan tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu.

Sponsored

"Jadi peserta JKN yang dirujuk ke poliklinik dapat memanfaatkan fitur antrean online pada Aplikasi Mobile JKN untuk mengambil nomor antrean dan memperkirakan waktu kedatangan sehingga tidak perlu menunggu lama di rumah sakit," pungkasnya.

Dalam momen tersebut BPJS Kesehatan Mojokerto juga memberikan penghargaan kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terbaik dalam peningkatan mutu layanan tahun 2022 triwulan I-2023. Terbaik 1 yakni Puskesmas Kutorejo, Terbaik 2 Klinik Wilujeng, Terbaik 3 Klinik Prima Medika.

Sementara itu, untuk penghargaan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) terbaik dalam peningkatan mutu pelayanan tahun 2022 triwulan tahun 2023 diberikan kepada, Terbaik 1 RSUD Prof.Soekandar, Terbaik 2 RS. Sidowaras, Terbaik 3 RS. Mawaddah Medika. 

Berita Lainnya
×
tekid