sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Densus 88 tangkap seorang teroris di Magetan

RY merupakan anggota dari jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI).

Immanuel Christian
Immanuel Christian Selasa, 02 Agst 2022 16:54 WIB
Densus 88 tangkap seorang teroris di Magetan

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri telah menangkap satu orang pelaku tindak pidana terorise di Magetan, Jawa Timur. Pelaku itu kini telah ditetapkan sebagai tersangka.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, orang itu berinisial RY alias D pada Selasa (2/8). RY merupakan anggota dari jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI).

“Densus 88 Antiteror Polri telah melakukan penangkapan terhadap satu tersangka tindak pidana terorisme dari jaringan JI atau Jamaah Islamiyah berinisial RY alias D,” kata Ramadhan, Selasa (2/8).

RY telah mengikuti seleksi sebagai anggota hubungan internasional JI pada 2013. Ia telah menyambangi Suriah melalui Dubai.

Perjalanannya ke Suriah bukan kunjungan semata, namun untuk membuka jalur hubungan dengan Free Syria R (FSR). RY pun turut bergabung dalam pelatihan militer.

“Ia melakukan perjalanan ke Suriah melalui Dubai untuk membuka jalur hubungan dengan Free Syiria,” ujar Ramadhan.

Selang dua tahun, RY kembali melakukan perjalanan ke Suriah, namun kali ini melalui Istanbul, Turki. Tujuannya untuk membangun hubungan Jabah Musrok.

Ketika di Suriah, ia ditahan oleh kelompok militer Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Sponsored

RY mempunyai koneksi secara langsung ke Yaman untuk membuka jalur hubungan antara JI dengan Al Qaeda. Hubungan yang dibangun untuk melakukan pelatihan militer di Suriah.

“Kemudian juga yang bersangkutan pernah berkomunikasi dengan Dulmatin di Magetan,” ucap Ramadhan.

Berita Lainnya
×
tekid